Menjaga Indonesia

Pandemi Covid-19: Tak Ada Festival Tumbilotohe Tahun Ini

HABARI.ID I Tahun ini, Festival Tumbilotohe di wilayah Kabupaten Gorontalo tak akan diselenggarakan. Tentu saja penyebabnya adalah pandemi Covid-19. Tak boleh ada keramaian atau aktivitas yang melibatkan banyak orang di tengah upaya keras pemerintah menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Gorontalo bersama para pemangku adat dan tokoh-tokoh agama, telah memutuskan untuk meniadakan festival Tumbilotohe.

“Tradisi masyarakat Gorontalo ini, tetap dilaksanakan tapi terbatas. Tidak dilaksanakan dalam bentuk festival, karena dikhawatirkan akan memicu kerumunan,” jelas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Menurut Bupati, hampir setiap pelaksanaan festival ini, selalu menyedot perhatian masyarakat terlebih khusus masyarakat luar daerah. Tumbilotohe tetap dilaksanakan namun di rumah masing-masing.

“Tidak ada festival tumbilotohe dan Pasar Senggol. Selain itu, kegiatan-kegiatan tradisi yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan juga dibatasi dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas Nelson Pomalingo.

Selain itu, kegiatan keagamaan seperti pengajian dan Nuzulul Qur’an dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah orang.(dwi/habari.id)