Menjaga Indonesia

MOS di Sekolah Bakal Tak Dilaksanakan di Tahun Ajaran Baru

HABARI.ID I MOS (Masa Orientasi Siswa), atau sekarang dikenal dengan sebutan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru, bakal tidak dilaksanakan di seluruh sekolah pada tahun ajaran baru. Karena kondisi daerah, yang masih dilanda bencana non alam pandemi Covid-19.

Rencana tidak dilaksanakannya MOS atau MPLS di lingkungan sekolah, diungkap Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha Kamis (02/07/2020), usai meninjau pelaksanaan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) ke dua di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo.

“Kalau melihat kondisi daerah yang masih dilanda pandemi Covid-19, menurut saya MOS atau MPLS bagi siswa baru jangan dulu dilaksanakan, atau dilaksanakan setelah pandemi ini usai …”

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, saat menjadi inspektur upacara pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo.

“Karena namanya MOS atau MPLS bagi siswa baru, erat kaitannya dengan pengumpulan orang banyak dalam hal ini siswa, yang akan dikenalkan dengan lingkungan sekolah baru mereka,” jelas Marten.

Selain itu Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, sampai dengan saat ini masih menunggu seperti apa dan bagaimana aturan dari Pemerintah Pusat, terkait dengan pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru.

“Seperti apa dan bagaimana model pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru, kami masih menunggu aturan dari Kemendikbud RI, seperti apa petunjuk teknisnya,” tutup Marten.(bink/habari.id).