Menjaga Indonesia

Mochamad Nur Arifin Kunjungi Diklatsar Banser NU Trenggalek

HABARI.ID,TRENGGALEK I Di tengah kesibukannya pada beberapa agenda politik, Mochamad Nur Arifin masih menyempatkan diri memenuhi undangan PAC (Pimpinan Anak Cabang) kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek, untuk hadir dalam giat Diklatsar Banser, di desa Gamping, Sabtu (17/10/2020).

Di hadapan para peserta Diklatsar, Gus Ipin (sapaan akrabnya, red) menyampaikan bahwa keberadaan Banser di kabupaten Trenggalek cukup strategis sebagai wadah yang memberikan banyak manfaat.

Dalam kesempatan tersebut Gus Arifin mengajak jajaran Banser untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita sepakat untuk mengawal kesakralan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945,” kata Gus Ipin kepada peserta Diklatsar Banser.

Suami Novita Hardini ini mengatakan, Diklatsar Banser sangat penting, baik dari sisi pembentukan jiwa kepemimpinan maupun pengembangan dan pemahaman wawasan kebangsaan serta bela Negara.

Selain itu, kata Gus Ipin, Diklatsar Banser juga penting untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan disiplin yang tinggi.

“GP Ansor Trenggalek dapat mengambil peran dalam pembinaan masyarakat, terutama di bidang keagamaan dan sosial-kemasyarakatan,” ungkap tokoh Nahdlatul Ulama ini.

Selain menghadiri Diklatsar Banser, di hari yang sama Gus Ipin juga mendapat jadwal kampanye di beberapa titik di desa Gamping.

Sementara itu, ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), kecamatan Suruh, Suyitno (48) mengatakan, kegiatan Diklatsar Banser ini bertujuan untuk meningkatkan organisasi kepemudaan NU, menjaring dan mencetak kader Banser muda NU yang berkidmat di NU dan siap mengabdi di NU.

“Tujuan Diklatsar ini untuk menyiapkan kader Ansor yang militan dan tangguh, teguh dan berkomitmen untuk menjaga NKRI juga berprinsip Ahlussunah Wal-Jama’ah,” tegas Suyitno.

Suyitno menambahkan, kehadiran Gus Ipin di lokasi Diklatsar ini menjadi kebanggaan. Selain merupakan pengurus NU, Gus Ipin juga termasuk salah satu tokoh NU yang ikut dalam kontestasi Pilkada Trenggalek.

“Kami bangga Gus Ipin yang kini maju sebagai kontestan Pilkada, sebagai calon bupati Trenggalek. Kami berharap Gus Ipin masih terus memberi kontribusi untuk membesarkan Banser dan Ansor serta membesarkan NU khususnya di kecamatan Suruh ini,” kata Suyitno.

Diklatsar Banser ini, kata Suyitno  akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16 – 18 Oktober 2020.(Sar/habari.id)