Menjaga Indonesia

Mendagri RI: Perda Nomor 4 Tahun 2020 Harus Lebih Dipertegas

HABARI.ID I Perda nomor 4 tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakkan protokol kesehatan Covid-19, menjadi pesan penting dari Mendagri RI Tito Karnavian, kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Selasa (17/11/2020) Gubernur Gorontalo Rusli Habibie jelaskan, bahwa dirinya mendapatkan pesan penting yang dikirim langsung Mendagri RI Tito Karnavian, melalui WhatsApp.

“Tadi pagi saya mendapat wejangan dari Mendagri langsung melalui pesan WhatsApp, bahwa harus kita tegakkan aturan terhadap siapa pun yang melanggar protokol kesehatan …”

“Saya tadi serta teman-teman bupati dan wali kota se Provinsi Gorontalo bersama jajaran Forkopimda, telah bekroordinasi mengenai penindakan Perda nomor 4 tahun 2020 …”

“Intinya, perda nomor 4 tahun 2020 yang kita adopsi dari Inpres nomor 2020 ini harus ditegaskan,” jelas Rusli dihadapan awak media, saat menggelar konferensi pers.

Penindakan tersebut telah di diskusikan kepada jajaran Forkopimda bahwa tidak ada lagi himbauan-himbauan, sosialisasi serta belas kasihan terhadap pelanggar protap kesehatan covid 19.

“Tapi sekarang yang kita lakukan adalah bagaimana melindungi masyarakat, melindungi rakyat Indonesia khususnya Gorontalo dari pandemi covid 19,” jelas Rusli.

Meski dalam sepekan kemarin perkembangan covid-19 di Provinsi Gorontalo, sudah melandai dan berada di peringkat pertama tingkat kesembuhan dari covid-19, yang mencapai hingga 97,6 persen.

Menurut Rusli, hal itu tidak menjadi jaminan akan belaku terus menerus.

“Karena covid 19 tidak diketahui dari mana datangnya dan siapa yang akan terpapar. Apalagi vaksin untuk covid-19 belum resmi diberlakukan kepada seluruh masyarakat …”

“Dengan angka-angka itu kita perlu bersyukur, tapi jangan berpuas diri. Jadi setiap hari kami berdiskusi bersama forkopimda, serta melibatkan tokoh masyarakat untuk melawan virus corona ini …”

“Tadi, saya katakan kepada seluruh teman-teman forkopimda jangan lengah,kita jangan lelah, kita jangan berhenti gas full terus untuk mengatasi wabah virus corona,” ucapnya.(dik/habari.id).