Menjaga Indonesia
Daerah

Mendagri Minta Pemda Optimalkan Vaksinasi

HABARI.ID I Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI Tito Karnavian minta, Pemda untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi. Bahkan Mantan Kapolri ini tegaskan, seluruh Pemda termasuk Kota Gorontalo, harus mendukung kebijakan Menteri Kesehatan RI.

Hal ini disampaikan Mendagri RI Tito Karnavian, pada rapat koordinasi secara virtual bersama seluruh Wali Kota dan Bupati di Tanah Air Jumat (29/01/2021), juga dihadiri oleh Menkes RI.

“Saya minta kepada seluruh kepala daerah untuk mendukug kebijakan Menkes RI, khususnya dalam mempercepat distribusi vaksin dan pelaksanaan vaksiasi,” ujarnya.

Selain itu Mendagri juga meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, untuk memastikan situasi lokasi pelaksanaan vaksinasi.

“Misal, kapasitas tampung satu uni kerja atau Puskesmas yang akan melaksanakan vaksinasi, apakah memungkinkan atau tidak. Kalau tidak bisa menampung dengan jumlah tertentu, maka bisa dialihkan lokasinya ke tempat yang lebih luas ..,”

“Karena pelaksanaan vaksinasi ini, tetap petugas kesehatan menjalankan protokol kesehatan, yakni jaga jarak. Sehingga, jika pelaksanaannya di lokasi yang luas, tidak akan menimbulkan kepadatan masyarakat,” jelas Mendagri RI.

Kemudian Mendagri tegaskan, agar Pemerintah Daerah jangan hanya berpatokan pada pencapaian target vaksinasi di masing-masing lokasi. Tetapi kegiatan vaksinasi tersebut harus secara masif, bahkan kalau perlu mobile.

“Kalau anggarannya untuk pelaksanaan vakasinasi ini masih kurang, kami siap membantunya. Tetapi harus terlaksana dengan baik dan benar secara masif sampai kepada masyarakat,” ungkapnya.(bnk/habari.id).