Menjaga Indonesia

Kota Gorontalo Masuk Nominasi Penerima Satya Lencana Pembangunan

HABARI.ID, KOTA – Kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, dalam menjalankan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), berbuah manis. Kota Gorontalo masuk dalam deretan daerah penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan, yang akan diterima Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Penghargaan Satya Lencana Pembangunan akan diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo.

Kadis DPPKB-P3A Kota Gorontalo Nulika Melati S, ketika ditemui di ruang kerjanya Rabu (24/04/2019), mengatakan Kota Gorontalo merupakan salah satu dari sekian banyak Kota di Tanah Air, yang bakal menerima penghargaan tersebut. Dan tentu saja, ini merupakan pencapaian yang luar biasa. “Karena Pemerintah Pusat menilai Kota Gorontalo mampu mengimplementasikan program KKBPK, dari tingkat kecamatan, kelurahan sampai ke rukun warga,” kata Nulika.

Kesempatan yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo ini, tak lepas dari prestasi yang pernah diukir sebelumnya, saat mengikuti lomba KKBPK yang digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan meraih juara umum.

“Tim verifikasi program KKBPK Pusat, selama dua hari mulai dari hari Senin hingga Selasa (23/04/2019), melalukan penilaian di Kota Gorontalo. Dua lembaga yang dikunjungi tim, diantaranya Kelurahan Leato yang menjadi pusat pelaksanaan program kampung KB dan KKBPK. Kemudian, tim berkunjung ke salah satu pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Limba B,” terang Nulika.

Pada Selasa kemarin itu, tambah Nulika, tim verifikasi ini juga mendatangi sekolah-sekolah, baik itu Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di Kota Gorontalo, untuk melalukan penilaian.

“Dalam program kegiatan KKBPK ini, Pemerintah Kota Gorontalo tidak hanya bertugas melaksanakan program berkaitan dengan KB, dimana hanya mengatur ibu dan anak. Akan tetapi di KKBPK sudah semakin luas, karena pemerintah wajib mengendalikan penduduk dari program ini,” jelas Nulika.

Program ini bertujuan untuk membentuk ketahanan keluarga, mulai dari keluarga pembinaan balita, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Program tersebut juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kota Gorontalo, yakni menjadikan masyarakat yang sejahtera.

“Selama verifikasi dilakukan tim penilai, Kota Gorontalo diakui mampu dan berhak meraih prestasi dan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Kami berharap, hasil tersebut akan memberikan dampak baik terhadap kehidupan masyarakat di Kota Gorontalo,” tutur Nulika.(abink/hb.id)