Menjaga Indonesia
Daerah

Ketika “Gula-Gula Soba” Jadi Primadona di Festival Bunaken 2019

HABARI.ID, LIMBOTO – Berbagai produk unggulan daerah Kabupaten Gorontalo, dipamerkan pada Festival Pesona Bunaken 2019 yang berlangsungdari tanggal 17-20 Juli, di Manado, Sulawesi Utara.

Gula-gula soba menjadi salah satu diantaranya, yang tidak disangka-sangka malah menjadi primadona, bersaing dengan produk-produk lokal se-Indonesia.

“Hari pertama, gula- gula soba sudah laris manis. Tadi, sejak pembukaan, para pengunjung banyak mengunjungi stand pameran Dekranasda Kabupaten Gorontalo, dan mereka sangat tertarik dengan gula-gula soba. Selain itu, produk sulaman karawo juga sudah ada yang beli,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo, Fory Naway.

Nama-nama seperti upiah karanji, pia, dan produk-produk khas Gorontalo lainnya, berhasil menghpnotis pengunjung yang datang pada kegiatan yang digelar di Manado Town Square itu. Event nasional ini pun dijadikan ajang promosi industri lokal daerah.

“Berbagai upaya terus dilakukan guna mempromosikan produk unggulan daerah, baik di regional maupun nasional. Termasuk pada momentum festival pesona bunaken 2019 ini,” ujar Fory.

Senada dengan hal itu. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdaragangan Kabupaten Gorontalo, Mila Pakaya menjelaskan, ajang ini juga turut mengkampanyekan tentang pentingnya mencintai dan bangga dengan produk-produk dalam negeri.

“Tarrget kami, lebih kepada edukasi bagi pengunjung. Diharapkan agar lebih mencintai produk dalam negeri, khususnya produk-produk unggulan daerah yang dihasilkan dari tangan-tangan pengrajin usaha kecil menengah. Lebih khusus lagi produk lokal yang ada di Kabupaten Gorontalo, “ kata pungkas Mila.(FBD/Habari.id)