Menjaga Indonesia

Ketahuan Bawa Jimat Saat Ikut Ujian CPNS …

HABARI.ID I Ada yang menarik dari pelaksanaan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Gorontalo, Selasa (11/02/2020) pagi di Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Seorang peserta ujian ditemukan membawa cengkeh kering. Dan ternyata itu adalah jimat.

Rahmat Mulyo Amiseno, salah satu Kepala Bidang di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo mengungkapkan, bahwa cengkeh tersebut ditemukan petugas saat melakukan body checking peserta ujian.

“Jimat atau cengkeh kering itu, ditemukan di saku seorang peserta ketika dilakukan penggeledahan oleh petugas,” ujar Rahmat.

Dari keterangan peserta, bahwa Cengkeh itu adalah jimat. Digunakan hanya agar tetap fokus saat menjalani ujian, dan lulus.

Pemeriksaan yang dilakukan petugas, sudah sesuai prosedur; peserta dilarang membawa telepon genggam dan juga jimat.

“Peserta yang kedapatan membawa jimat itu, diberikan pembinaan oleh petugas. Karena lulus-tidaknya peserta, itu bergantung pada hasil ujian yang diperoleh,” terang Rahmat.

Panitia masih mentolerir dan membolehkan peserta yang bersangkutan untuk ikut ujian. Hanya cengkeh kering (yang jadi jimat itu) yang tak dibolehkan masuk ke ruang ujian.

Sementara itu, pelaksanaan ujian CPNS yang digelar di UNG ini, sempat dipantau Wali Kota Gorontalo Marten Taha didampingi Wakil Wali Kota Ryan F. Kono dan pejabat eselon II. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota sempat memberi arahan kepada para peserta.(4bink/habari.id)