Menjaga Indonesia

Kepatuhan dan Kesadaran Masyarakat Bisa Menekan Laju Eskalasi Penyebaran Covid-19

HABARI.ID I Tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan Covid-19, terus meningkat. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengapresiasi adanya perubahan perilaku masyarakat ini.

Rusli menilai, sejak diumumkannya seorang warga positif terpapar Corona, kesadaran dan kepatuhan masyarakat jauh lebih baik.

“Setelah satu orang dinyatakan positif dengan virus Corona ini, sudah mulai ada kurang lebih 50 persen masyarakat sudah mulai tumbuh …,”

“Rata-rata masyarakat kita sudah pakai masker, banyak yang memilik berdiam di rumah dan tidak keluar, saling mengingatkan di grup-grup WA dan lainnya,” ungkap Rusli saat menjadi narasumber pada dialog interaktif dengan tema; Penanganan Covid 19 di Provinsi Gorontalo, di RRI Gorontalo, Minggu (12/4/2020).

kepatuhan dan kesadaran masyarakat terus meningkat1Rusli menjelaskan apa yang telah dilakukan pemerintah dengan segala aturan yang telah dikeluarkan, semuanya kembali untuk kemaslahatan masyarakat juga.

” Apa yang kami lakukan ini seribu persen untuk rakyat. Kalau saja rakyat tidak disiplin tidak mau dengar himbauan ini, saya yakin bahwa penyebaran virus Corona ini akan bertambah terus. Selain orangnya banyak yang terdampak, juga waktu akan panjang,” ujar Rusli.

Ia menambahkan, kita harus berkaca dari peristiwa Cina, dimana pemerintah disana langsung mengambil kebijakan-kebijakan yang sangat hebat diikuti dengan tingkat kepatuhan dari masyarakat di sana yang juga tinggi.

kepatuhan dan kesadaran masyarakat terus meningkat2Sejak pertengahan Maret, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengeluarkan beberapa kebijakan dan imbauan-imbauan tentang upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Mulai dari kebijakan pegawai bekerja dari rumah, siswa sekolah belajar dari rumah serta imbauan beribadah di rumah. Selain itu ada juga kebijkan lainnnya dari pihak-pihak terkait seperti Kepolisian, MUI, dan lainnya.(rls/fp/habari.id)