Menjaga Indonesia

JWS 2020: Indahnya Air Terjun Saluopa

HABARI.ID I Setelah rehat semalam. Rombongan touring Jelajah Wisata Sulawesi  (JWS) 2020 kembali melanjutkan perjalanan etape III, Senin (24/2/2020). Perjalanan diawali dengan mengunjungi lokasi objek wisata air terjun Saluopa di Tentena, Poso.

Sebelum bertolak ke air terjun, rombongan touring JWS 2020 yang dipimpin Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, melakukan sarapan pagi bersama Wakil Bupati Poso, Samsuri di Resort Danau Poso. Selanjutnya rombongan bertolak ke lokasi  air terjun Saluopa. Jaraknya lebih kurang 2,5 km dari lokasi resort danau Poso.

Tiba di lokasi, rombongan harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Jaraknya sekitar 500 meter dengan kondisi jalan yang datar. Di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, terdapat para pedagang kecil yang menjajakan pisang goreng, serta jagung, dan kacang rebus. Ada juga yang menjual kerajinan cinderamata.

Rusli Habibie bersama istri, Idah Syahidah,  turut menyempatkan diri untuk membeli barang dagangan para UMKM. Bahkan Rusli Habibie memborong cinderamata kerajinan yang kemudian dibagikan kepada peserta touring JWS.

Memasuki area air terjun Saluopa, rombongan menaiki tangga yang tingginya sekitar 10 meter. Gemericik air yang mengalir turun di antara bebatuan menggoda rombongan untuk terus melangkahkan kaki. Udara segar berhembus sepoi-sepoi di antara pepohonan beringin yang menjulang tinggi.

Rasa capek saat menaiki 40-an lebih anak tangga terbayar lunas oleh keindahan alam air terjun Saluopa. Air terjun bentuknya berundak alias bertingkat. Jumlah undakan mencapai 7 tingkat dengan tinggi sekitar 30 meter.

Momen indah itu tak disia-siakan peserta touring dengan mengabadikan menggunakan smartphone. Mereka berupaya mengambil pose dan momen yang paling menarik. Tak hanya bentuknya yang indah, air terjun Saluopa juga sangat sejuk.

Puas menikmati keindahan air terjun Saluopa,  rombongan touring JWS yang didampingi Wakil Bupati Poso, Syamsuri, selanjutnya bergerak ke Kota Poso.(rls/fp/habari.id)