Menjaga Indonesia

Akuntabilitas Kinerja Pemkot Gorontalo Tembus Angka 65,12

HABARI.ID I Akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Gorontalo menembus angka 65,12. Ini terungkap dari hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP) Award 2019.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 64 berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

Angka ini juga yang menjadikan Pemkot Gorontalo sebagai salah satu penerima penghargaan SAKIP Award yang diserahkan langsung oleh MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo yang digelar di Hotel Tentrem, Senin (24/02/2020).

“SAKIP Award yang diterima Pemkot Gorontalo ini, memang masih kategori B. Namun dari penilaian Pemerintah Pusat ini, angka yang diraih Pemkot Gorontalo mengalami peningkatan yang siginifikan,” kata Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, yang dihubungi usai menerima penghargaan.

Dari penilaian yang dilakukan KemenPAN-RB ini, mengindikasikan akuntabilitas kinerja Pemkot Gorontalo meningkat.

“Tentu saja, ini merupakan hasil kinerja dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Gorontalo, dan didukung masyarakat Kota Gorontalo …,”

‘Pemkot Gorontalo, sangat berterima kasih atas kontribusi yang diberikan selama ini,” ujar Ryan.

Sementara itu pelaksana kepala Bappeda Kota Gorontalo, Laida M. Ali menambahkan, ada lima kategori penilaian KemenPAN-RB terkait SAKIP ini. Mulai dari pengukuran kinerja, pengawasan internal pemerintahan hingga perencanaan kinjera di pemerintahan daerah.

Meski kategori yang diraih masih B, namun Pemkot Gorontalo terus berupaya untuk melakukan peningkatan, dengan memperoleh nilai yang baik.

“Dalam pendampingan ada upaya peningkatan dari penilaian ini. Perbaikan dokumen dan pendampingan terhadap OPD untuk penyusunan dokumen tetap dilakukan …,”

“Kami pun, akan terus meminta masukan dari Pemerintah Pusat, atas upaya perbaikan kinerja yang akan kami laksanakan ke depan,” tutup Laida.(4bink/habari.id)