Jika Ingin Daerah Berkembang, maka Jadikan Pertanian dan Peternakan sebagai Sektor Andalan

oleh
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Mohammad, daat berpose dengan Bupati Gorontalo dan Bupati Gorontalo Utara, selepas ramah tamah di rumah dinas Bupati Gorontalo, Jumat (25/10/2019). | Dwi Manopo/Habari.id

HABARI.ID I Pertanian dan peternakan menjadi bahan utama industri. Baik sektor pertanian dan peternakan, menurut Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, harus tetap dijadikan sebagai prioritas oleh pemerintah. Pengembangan di dua sektor itu (pertanian dan peternakan), menurut Fadel, merupakan peluang yang bisa mengangkat dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Maka, ide Pak Bupati Gorontalo (Nelson Pomalingo) yang kini fokus pada pengembangan sektor pertanian dan peternakan, harus jadi basis prioritas kabupaten Gorontalo. Dengan begitu, kelangkaan bahan Industri bisa terhindari. Takutnya kita import lagi kalau terjadi kelangkaan bahan baku industri,” ungkap Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gorontalo, Jumat (25/10/2019).

Dalam kunjungannya itu, Fadel membawa 3 misi yang menjadi prioritas, yang diharapkan akan berpengaruh besar bagi pembangunan di provinsi Gorontalo.

Fadel juga menyentil tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ia menjelaskan bahwa, MPR dan Presiden RI Jokowi Dodo (Jokowi) memastikan adanya program peningkatan SDM. Sejauh ini, kata Fadel, masih banyak daerah yang harus ditingkatkan kualitas SDM-nya.

“Saya ingin, kalau boleh, peningkatan SDM itu kita utamakan daerah-daerah di luar Jawa. Terutama daerah-daerah berkembang seperti Gorontalo,” jelas Fadel.

“Dengan hadirnya Gorontalo sebagai daerah prioritas dalam peningkatan SDM, itu akan berpengaruh besar terhadap berbagai sektor, salah satunya peningkatan kapasistas pendidikan,” kata Fadel.

Mantan Gubernur Gorontalo ini juga mengatakan, MPR juga telah meminta kepada Presiden, untuk memperhatikan infrastruktur penunjang pengembangan pariwisata dan budaya. Selain SDM, menurutnya, ini sangat cocok diimplementasikan di wilayah Provinsi Gorontalo.

Karena, dengan hadirnya ruang-ruang pariwisata dan pengembangan budaya, maka akan menghidupkan ekonomi kreatif masyarakat Gorontalo, dan bisa mendatangkan investasi.

“Gorontalo harus mengembangkan budaya dan pariwisata. Kebetulan kita punya Menteri Bappenas. Jadi kita bisa punya perencanaan yang matang ke arah sana,” pungkasnya. (Dwi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.