Menjaga Indonesia

Jangan Panik, Tetaplah Tenang dan Waspada

HABARI.ID I Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang dan tetaplah waspada dalam menghadapi Corona Virus Desease (Covid-19). Warga diharapkan senantiasa mewaspadai penyebaran corona dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Tetap tenang. Tetap beraktivitas. Senantiasa waspada dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” imbau Rusli Habibie usai pencanangan Gorontalo Bergerak Cegah Corona, Jumat (20/3/2020).

Hingga saat ini Pemprov Gorontalo beserta jajaran terkait terus bekerja menjaga agar Goronalo tidak terpapar virus corona. Berbagai langkah antisipasi telah dilakukan. Antara lain memperketat pengawasan lalu lintas orang dari dan ke Gorontalo. Baik melalui jalur udara, laut maupun jalur darat.

Menurut Rusli Habibie, sejauh ini Pemprov Gorontalo belum mengambil kebijakan memindahkan aktivitas belajar mengajar dari sekolah ke rumah masing-masing siswa. Ataupun aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN), serta perkantoran pemerintah. Kebijakan itu dilakukan berdasarkan kajian.

“Kita terus melakukan kajian. Bila hajian kajian menyatakan bahwa siswa perlu belajar di rumah, maka saat itu pula kita berlakukan. Kita tidak ingin mengambil kebijakan hanya sekadar ikut-ikut, hanya latah. Tetapi benar-benar berdasarkan hasil kajian,” tutur Rusli Habibie menekankan.

“Kalau semua disuruh tidak beraktivitas, lalu siapa yang akan bertani, siapa yang melaut, siapa yang akan berdagang. Jadi harus dipertimbangkan dan dikaji secara matang,” imbuh Rusli Habibie.

Lebih lanjut Rusli Habibie menerangkan, selain virus corona, Pemprov Gorontalo juga turut mengantisipasi penyakit menular. Salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD), yang saat ini masuk dalam kategori waspada.

“Oleh karena itu kita menggalakkan hidup sehat dan bersih dalam rangka mencegah,” kata Gubernur Gorontalo dua periode itu.(fp/habari.id)