Husain Rauf Naik Tahta, Wakil Ketua jadi Ketua Baznas Kota Gorontalo

oleh
husain
Habari.Id.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Nama Husain Rauf atau akrab disapa Ucan Rauf, memang sudah tidak asing di kalangan pejabat sampai dengan masyarakat. Dikenal bukan karena kedekatannya dengan siapapun, akan tetapi diakui dari kiprahnya berkontribusi untuk daerah serta kebutuhan masyarakat kurang mampu, selama mengemban amanah Wakil Ketua di Baznas Kota Gorontalo periode 2017-2021.

Kini tepat Jumat (03/06/2022) Ucan Rauf, pria berperawakan tinggi itu naik tahta dari Wakil Ketua menjabat Ketua Baznas Kota Gorontalo periode 2022-2027.

Tidak mudah bagi Ucan, melalui dan menyelesaikan proses seleksi terbuka komisioner Baznas Kota Gorontalo.

Namun, berkat kompetensi yang Ia miliki ditambah pengalaman menjabat Wakil Ketua di Baznas Kota Gorontalo, tahap demi tahap proses seleksi itu Ia selesaikan dengan sempurna.

Hasilnya, di hadapan seluruh pejabat Pemerintah Kota Gorontalo, Komisioner Baznas Provinsi Gorontalo dan Komisioner Baznas RI, Ucan resmi dilantik sebagai Ketua Baznas Kota Gorontalo, beserta empat komisioner lainnya.

Selama mengemban amanah sebagai Wakil Ketua di Baznas Kota Gorontalo, tidak sedikit program kegiatan dan kontribusi untuk daerah juga masyarakat sudah ditorehkan Ucan Rauf dan rekan-rekannya.

Mulai dari program kegiatan Ruhyanisa (Rumah Layak Huni dan Sanitasi), yang sudah 30 unit berdiri kokoh dan menjadi tempat tinggal bagi warga kurang mampu, sebagai penerima manfaat dari program tersebut.

Kemudian program pembinaan khusus tilawah al quran, yang sudah mencetak sekitar 140 tilawah dan tahfidz al quran selang waktu tahun 2018 sampai dengan tahun 2019.

Kegiatan yang bergerak pada pendidikan religi anak remaja ini, sempat terhenti di tahun 2020 sampai dengan sekarang, karena Kota Gorontalo menjadi salah satu daerah tertimpah musibah pandemi Covid-19.

Selanjutnya adalah program kegiatan ekonomi produktif, pemberian tambaha modal usaha bagi pelaku usaha yang usahanya tidak pernah berkembang.

Terhitung sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 sekarang, sudah ada sekitar 500 usaha produktif merasakan sentuhan program ini.

Kata Ucan tujuannya hanya satu pada program ekonomi produktif, yakni memotivasi pelaku usaha penerima manfaat tersebut yang tadinya hanya sebagai mustahik, menjadi muzakki.

“Melalui program ekonomi produktif ini, bukan hanya usaha mereka yang kami bantu. Akan tetapi, kami meminta dan memotivasi mereka, untuk menjadi muzakki dan bisa membantu sesama,” ujarnya.

Berikut adalah program tambahan dana pendidikan baik untuk mahasiswa dan siswa. Nah, pada program kegiatan ini Ucan Rauf bersama rekan-rekannya sukses mengurangi beban 600 siswa baik jenjang pendidikan SD dan SMP di Kota Gorontalo.

Sementara dari kategori mahasiswa sendiri, tercatat sebanyak 50 mahasiswa jenjang pendidikan starta satu, mendapatkan bantuan dana pendidikan Rp 1,5 juta.

Bukan hanya di bidang pendidikan, akan tetapi pada bidang kesehatan pun Ucan Rauf dan rekan-rekannya di Baznas Kota Gorontalo, turut berkontribusi.

Satu diantaranya adalah, meringankan beban masyarakat kurang mampu yang penderita penyakit kritis.

Program kesehatan ini sudah berjalan sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang, dan tercatat sudah 25 orang merasakan manfaatnya.

Menariknya lagi, mereka yang mualaf sejak tahun 2018 sampai dengan tahun ini merasakan program yang dijalankan Ucan Rauf melalui Baznas Kota Gorontalo.

Seperti belum lama ini, ada sekitar 860 mualaf diberikan santunan melalui program penyaluran logisltik oleh Baznas Kota Gorontalo.

Berbagai program pemenuhan kebutuhan masyarakat kurang mampu tersebut, kata Ucan Rauf bagian dari pembinaan terhadap masyarakat, untuk saling berbagi dengan sesama.

Tidak terkecuali program dakwa dan advokasi untuk 100 imam masjid dan khatib, yang membina imam masjid dan khatib agar bisa menjadi panutan di tengah lingkungan masyarakat.

“Kesuksesan program di Baznas Kota Gorontalo selama saya menjabat sebagai Wakil Ketua, tentu bukan hanya menjadi hasil kinerja saya sendiri ..,”

“Akan tetapi berkat sinergitas seluruh komisioner di Baznas Kota Gorontalo, terlebih Pak Ketua Baznas H. Marzuki Pakaya. Kemudian dukungan Pemerintah Kota Gorontalo, juga dukungan masyarakat Kota Gorontalo ..,”

“Kini, amanah baru telah saya emban. Kepercayaan yang diberikan ALLAH SWT melalui perantaran pimpinan baik tingkat pusat, provinsi dan kota, Insyallah akan saya jalankan dengan baik ..,”

“Sebagai manusia sosial, tentu saya tidak bisa bekerja sendiri. Sukses tidaknya sebuah lembaga, tentu bergantung pada kerja-kerja tim. Bukan kerja-kerja individu,” pungkasnya.(bnk/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.