Menjaga Indonesia

Gubernur Rusli Resmikan Asrama Mahasiswa di Yogyakarta

HABARI.ID I Gubernur Rusli Habibie meresmikan pemanfaatan Asrama Mahasiswa Gorontalo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (18/12/2020).

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Serta penyerahan aset dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ke Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo selaku pihak pengelola aset daerah.

Pemerintah Provinsi melalui Dinas PUPR, merenovasi asrama mahasiswa yang terletak di Jalan Wonocatur, Desa Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta itu. Membangunnya dengan anggaran sebesar Rp. 910,7 juta pada APBD tahun 2020.

“Meski dimasa pandemi covid-19 dan adanya himbauan dari pemerintah pusat untuk melakukan refocusing anggaran di daerah …,”

“Pemerintah Provinsi Gorontalo tetap menyiapkan anggaran untuk merenovasi Asrama Mahasiswa Gorontalo di Yogyakarta ini, komitmen terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi prioritas Pemprov,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Lebih lanjut Gubernur Rusli Habibie berharap agar mahasiswa menjaga dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya Asrama ini.

“Tahun 2016 saya pernah datang kesini, kondisinya sangat memprihatinkan, sedih saya. Alhamdulillah sekarang sudah baik, nyaman. Anggap seperti rumah sendiri. Menjaga asrama ini dengan baik,” imbuhnya

Sementara itu, Kadis PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto menjelaskan bahwa renovasi Asrama Mahasiswa di Yogyakarta masuk dalam program rehabilitasi Dinas PUPR dan pengalokasian pada DPA Dinas PUPR dengan waktu pelaksanaan dimulai pada bulan juni 2020.

Renovasi ini juga menjadi bagian dari penataan dengan menaikkan lantai. Perubahan juga terjadi pada atap asrama, pintu dan jendela, plaffon, serta mengganti instalasi kelistrikannya.

“Pada renovasi ini juga ada sumur-sumur resapan di depan asrama untuk menyerap air hujan atau air buangan dari penghuni asrama,” tandas Handoyo.(fp/habari.id)