Menjaga Indonesia

Dikes Provinsi Gorontalo Apresiasi Prestasi Pemkot Gorontalo

HABARI.ID I Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Gorontalo, yang berhasil masuk dalam top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 di Lingkungan Kementerian Pemerintah Daeah, BUMN, dan BUMD. Yang telah mengusung judul, “Tanda Aman Calon Pengantin (Tancap) Nikah Menuju Generasi Unggul,”.

Plt Kepala Dikes Provinsi Gorontalo Misranda Nalole menyampaikan dukungan dan apresiasinya, atas prestasi yang di raih oleh Kota Gorontalo tersebut.

Menurutnya, pencapaian prestasi tersebut, tidak luput dari dukungan semua pihak, yang ikut berpartisipasi dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Kami berharap, prestasi yang membanggakan ini, diikuti oleh Kabupaten lainnya, sehingga inovasi pemerintah daerah Kabupaten/Kota utamanya bidang kesehatan terus membudaya di masyarakat,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Kota Gorontalo Ismail Madjid menyampaikan, pihaknya bersyukur atas capai prestasi tersebut. Pasalnya, dari 3.059 yang mengikuti program tersebut, Kota Gorontalo berhasil masuk dalam Top 99.

Program ini, kata Ismail, dinilai bermanfaat bagi masyarakat, dan mudah di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan program ini, mendukung pencapaian indikator Renstra Kemenkes dan SDGs.

“Dari segi capaian indikator program, keberhasilan inovasi ini menunjukkan adanya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang signifikan dari tahun 2017 hingga 2019,” jelas Ismail.

Dirinya berharap, Inovasi Tancap Nikah Menuju Generasi Unggul Menjadi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, yang diusung Kota Gorontalo tidak hanya masuk ke dalam Top 99 saja, tetapi bisa memberikan hasil terbaik, serta bisa diterapkan di tingkat nasional.(bk/rls).