Menjaga Indonesia

Kelompok Koperasi Serap Rp 12,1 Miliar BLU LPUMKP

HABARI.ID I Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo menggelar silaturahmi dengan pelaku usaha perikanan bersama (KUB) penerima manfaat dana Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Usaha Modal Kelautan dan Perikanan (LPUMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (25/6/2020).

Kepala DKP Provinsi Gorontalo, Sila N Botutihe pada kesempatan itu sangat mengapresiasi pelaku usaha perikanan yang telah berhasil mengakses Dana LPUMKP senilai Rp 12,014 Miliar selama 2 tahun sejak Tahun 2018.

“Pencapaian ini patut diapresiasi sebab hanya dalam kurun waktu 2 tahun ada 26 Kelompok Usaha Bersama (KUB), Koperasi dan Perseorangan yang telah berhasil mengakses dana tersebut,” kata Sila.

Menurutnya, tujuan utama pertemuan ini adalah untuk mempererat silaturahmi serta mendengarkan secara langsung seluk beluk dari keberhasilan pemanfaatan dana LPUMKP.

Salah satu pelaku usaha yang mengakses Dana LPUMKP mengakui bahwa dengan mengakses dana tersebut dia sudah memberdayakan 100 lebih nelayan yang merupakan anggota kelompoknya dan ada salah satu anggotanya yang sudah berhasil membiayai anaknya sampai lulus perguruan tinggi.

“Saya berpesan agar ke depan Koperasi dan KUB ini menjadi contoh buat masyarakat nelayan lainnya yang sampai saat ini terus menggantungkan usahanya pada bantuan langsung pemerintah tanpa mau berusaha secara mandiri,” tutup Sila.(rls).