Menjaga Indonesia

Kepedulian Warga Terhadap Pencegahan Covid-19 Hantarkan Kota Timur ke Tingkat Nasional

HABARI.ID I Kepedulian warga terhadap pencegahan Covid-19, hantarkan Kecamatan Kota Timur ke tingkat Nasional dalam ajang kampung atau kelurahan tangguh, yang digagas Mabes Polri.

Jumat (26/06/2020) Camat Kota Timur Eladona Oktamina Sidiki, S.STP, M.Si jelaskan, kepedulian warga terhadap pencegahan Covid-19 inilah menginspirasi Kecamatan Kota Timur, melahirkan kelurahan tangguh Covid-19.

“Awalnya ini terinspirasi karena di kawasan Kantor Kecamatan Kota Timur terdapat empat orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka serumpun. Dari kasus empat orang ini, bukan kepanikan dan rasa ketakutan yang lahir di tengah warga sekitar …”

“Tetapi rasa kepedulian mereka terhadap tetangga mereka yang positif Covid-19, dan diberikan suport agar bisa melalui pandemi tersebut sampai sembuh …”

“Nah, darisinilah kami menunjuk Kelurahan Moodu untuk mewakili Kecamata Kota Timur dan Polsek Kota Timur, mengikuti ajang kampung atau kelurahan tangguh,” jelas Eladona.

Sebelum kegiatan ini dijadikan lomba, berbagai upaya pengendalian pandemi Covid-19 telah dilakukan Kecamatan Kota Timur, berkolaborasi dengan lembaga lain. Diantaranya TNI, Polri, Puskesmas dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kota Timur.

“Dalam ajang ini ada beberapa indikator yang menjadi penilaian, diantaranya kepedulian dan partisipasi warga dalam pencegahan Covid-19. Di Kelurahan Moodu sendiri ada beberapa spot dan stand yang telah disiapkan …”

“Seperti posko kesehatan yang dikerjasamakan dengan Puskesmas Kota Timur, dimana melalui posko tersebut bisa melayani masyarakat. Kemudian ada rumah isolasi mandiri, dimana rumah isolasi ini melayani masyarakat yang mulai bergejala Covid-19 …”

“Sudah ada beberapa warga yang kami tangani melalui rumah isolasi ini, dan kepedulian warga pun banyak untuk mereka yang di isoloasi. Ada yang mengantarkan makana, dan bantuan lainnya …”

“Namun, karena jumlah atau daya tampung rumah isolasi ini terbatas, maka sebagian kami rujuk ke RSAS Kota Gorontalo, untuk dilakukan perawatan,” jelas Eladona.

Program yang digagas Polri ini sangat memberikan manfaat kepada masyarakat, karena mejauhkan rasa panik dan takut terhadap Covid-19, dengan cara mengedepankan protokol kesehatan.

“Kuncinya ada pada diri kita masing-masing, tanpa kedisiplinan masyarakat tidak ada hasil apa-apa, sehingga perlu ada tigkat kedisiplnan yang tinggi khususnya untuk mematuhi protokoler kesehatan. Dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak,” pungkas Eladona.(bink/habari.id).