Darwis: Survei IDM Bermanfaat untuk Pengembangan Desa

oleh
Capt : Bupati Kabupaten Boalemo, Darwis Moridu, melakukan foto bersama dengan para tim ahli, usai kegiatan penyampaian hasil survei Indeks Desa Membangun) Kabuppaten Boalemo, di aula Bappeda Kabupaten Boalemo, Selasa (9/7/2019)

HABARI.ID, BOALEMO – Tuntas sudah survei Indeks Desa Membangun (IDM) yang ditangani tim ahli pendamping program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Boalemo. Hasil survei ini juga sudah diseminarkan di aula Bappeda Kabupaten Boalemo, Selasa (9/7/2019).

Bupati Boalemo Darwis Moridu menyambut baik serta mengapresiasi hasil kerja tim ahli, baik tim ahli dari Provinsi maupun lokal di Boalemo sendiri. Menurutnya, hasil survei ini nantinya bakalan dijadikan pedomman untuk mengembangkan desa-desa, khususnya di Kabupaten Boalemo.

“Nantinya, ini dapat mempermudah daerah dalam menentukan lokus dan fokus strategis, sebagai sasaran pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Boalemo, yang selama ini konsen dalam pembangunan desa” ucap Darwis.

Indeks desa membangun merupakan program kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, melalui dirjen pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Bupati berharap, indeks desa membangun bisa mampu menjangkau semua dimensi kehidupan yang ada di desa: terutama dsosial maupun ekonomi.

“Ada tiga pilar yang perlu di ketahui dalam indeks desa membangun. Yakni jaringan komunitas wiraseda,lumbung ekonomi desa dan lingkar budaya desa.

Melalui tiga pilar ini diharapkan arah pengembangan program untuk menguatkan langkah bagi kemajuan dan kemandirian desa. Pemerintah Boalemo akan terus beruaya mengembangkan desa menjadi desa yang mandiri dan maju,” ujar Darwis.

Pada kegiatan itu, hadir uga Sekretaris Bappeda Kaupaten Boalemo Romin Sahidi, Ketua tim ahli P3MD Provinsi Gorontalo, beserta tenaga ahli Provinsi Gorontalo dan tenaga ahli se-Kabupaten Boalemo. (Humas Boalemo/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.