Menjaga Indonesia

Cegah Covid 19, Rusli Minta Puskesmas Jadi Pusat Data Kesehatan Masyarakat

HABARI.ID I Guna mencegah penyebaran wabah Covid 19 di daerah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie minta Puskesmas jadi pusat data dan informasi kesehatan masyarakat.

Puskesmas sebagai pusat data kesehatan dan informasi masyarakat, juga merupakan salah satu sektor penanganan dalam mencegah covid 19.

Hal ini diungkapkan Rusli, ketika mengikuti rapat bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa, Senin (27/04/20) secara online melalui video conference.

“Saya mengharapkan puskesmas menjadi pusat data dan informasi kesehatan masyarakat. Ini untuk memetakan kondisi kesehatan masyarakat, dan potensi persebaran penyakit menular dan tidak menular, termasuk deteksi dini penyebaran covid 19,” ujar Rusli.

Selain itu Gubernur Gorontalo Dua Periode ini meminta, seluruh Pemerintah Daerah untuk fokus pada peningkatan layanan kesehatan.

“Pemerintah kabupaten kota, harus memberi penguatan kepada Puskesmas. Puskesmas sebagai fasilitas layanan primer, agar mampu melakukan deteksi dini melalui penguatan surveilans dan epidemiologi. Sehingga dapat mengantisipasi, wabah yang berpotensi menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB),” ungkap Rusli.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkes RI, patut didukung sepenuhnya oleh daerah. Apalagi tujuannya, mengembalikan fungsi puskesmas sebagai pusat layanan kesehatan.

“Kita harus searah dengan kebijakan yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI. Salah satunya memperkuat Puskesmas, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terang Rusli.(adv/50diq/habari.id).