Menjaga Indonesia

Candi Penataran, Wisata Purbakala Andalan di Jawa Timur

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Wilayah kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar, punya potensi wisata yang hingga kini jadi andalan di Jawa Timur. Objek wisata purbakala, Candi Penataran, bisa mengangkat ekonomi warga setempat disamping mendatangkan devisa bagi negara.

Candi yang terletak di Desa Penataran ini, merupakan candi terbesar yang ada di Jawa Timur. Letaknya yang berada di kaki gunung Kelud dan cerita tentang candi yang keberadaannya untuk menyembah gunung berapi paling berbahaya itu, menjadi daya tarik.

“Situs bersejarah yang menandakan peradaban masyarakat zaman dulu ini, dibangun sehubungan dengan Gunung Kelud, salah satu gunung berapi paling berbahaya yang bisa mengancam kehidupan masyarakat setempat …,”

“Itulah sebabnya masyarakat zaman dulu menyebut situs budaya purbakala ini sebagai candi gunung …,”

“Yang pembangunannya untuk menyembah gunung menghindari bencana vulkanik,” ungkap Kepala Desa Penataran, Kateno, di areal tempat wisata Candi tersebut, Rabu (02/12/2020).

Kateno menjelaskan, Penataran bisa berasal dari statusnya sebagai negara-candi. Di bali, ada pura negara …,”

“Masyarakat di sana juga menyebutnya Candi Penataran, seperti Pura Penataran Sasih, Pura Penataran Besakih. “Natar berarti pusat, dan Candi Penataran atau Candi Tengah,” katanya.

Kateno mengungkapkan, para pengunjung yang berwisata ke tempat ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas. Di areal Candi ini pengelola sudah menyiapkan fasilitas umum, mulai dari toilet, tempat parkir kendaraan yang luas hingga sarana ibadah.

“Selain itu ada juga di dekat area wisata, beberapa toko yang menjual souvenir. Ada yang menjual makanan, minuman, bahkan ada juga yang menyajikan pentas budaya lokal di areal Candi,” ungkap Kateno.(ADV/Kmf/tos/Habari.id)