BNPB Dorong Pemprov Gorontalo Jadi Daerah Tangguh Bencana

oleh

HABARI.ID | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong agar Provinsi Gorontalo menjadi daerah yang tangguh bencana dengan menyusun rencana jangka panjang penanggulangan bencana. Hal itu diutarakan Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Agus wibowo, pada audiensi dengan Wakil Gubernur Idris Rahim di ruang kerjanya di Gubernuran Gorontalo, Rabu (16/3/2022).

“Indonesia sudah punya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2020 tentang Rencana Induk Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2044. Harapan kami, Gorontalo mengadopsi rencana induk tersebut untuk menyusun rencana jangka panjang penanggulangan bencana agar menjadi daerah yang tangguh bencana,” kata Agus Wibowo.
Agus menjelaskan, dalam Perpres Rencana Induk Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2044, ditargetkan Indonesia akan menjadi bangsa yang tangguh bencana pada tahun 2045.

Menurutnya, tangguh bencana bukan berarti tidak ada bencana, tetapi selalu siap siaga menghadapi bencana. “Artinya, kita harus menyiapkan berbagai cara untuk mengantisipasi bencana. Masyarakat harus dilatih untuk menyelamatkan diri dari bencana, tersedia jalur-jalur evakuasi, dan lingkungan juga harus ramah bencana,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Agus Wibowo menyerahkan Perpres Nomor 87 Tahun 2020 tentang Rencana Induk Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2044 kepada Wagub Idris. Turut hadir mendampingi Wagub Idris pada audiensi itu Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Sutan Rusdi, Staf Ahli Gubernur Misranda Nalole, serta Kepala BPBD Rusli Nusi. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.