Menjaga Indonesia

BNN Siap Tekan Angka Pengguna Narkoba di Provinsi Gorontalo

HABARI.ID I Banyaknya pengguna narkoba di wilayah Provinsi Gorontalo menjadi upaya Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko untuk mengatasi penyalahgunaan narkotika.

Hal tersebut, sebagaimana yang diungkapkan Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko saat berkujung di kantor BNNP Gorontalo, Rabu (18/11/2020).

Menurut Heru Winarko, di Provinsi Gorontalo sendiri masih cukup banyak penyalahgunaan narkotika, baik para pelajar, pengangguran bahkan dari kalangan ASN juga ada yang menggunakan.

“Tadi kita bincang-bincang bersama penegak hukum yang ada di Gorontalo. Intinya membahas tentang penanganan narkoba …”

“Ini menjadi fokus kita bagaimana peredaran narkoba di Gorontalo ini bisa kita nitigasi. Lalu kita mengembangkan TAT (Tim Asesmen Terpadu) dan APS (Acara Persidangan Singkat),” kata Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko kepada awak media.

Heru menjelaskan bahwa dirinya bersama Kejaksaan, Kapolda dan unsur terkait telah bersepakat untuk penanganan-penanganan narkoba akan di asesmen.

“Kalau asesmen itu ternyata hanya sebagai pengguna kita akan rehabilitasi. Untuk pengedar atau pengedar akan kita proses. Itu yang kita sepakati,” jelas Heru.

Selain itu, Heru menyarankan untuk event-event coffee morning seperti yang di gelar BNNP Gorontalo atau pertemuan-pertemuan penegak hukum di Gorontalo agar dibudayakan.

“Mungkin setiap tiga bukan sekali penyelenggaranya BNNP mungkin nanti beberapa bulan kedepan penyelenggaranya Polda, Kejaksaan termasuk juga di Lapas,” ujarnya.

Heru berharap bahwa, meskipun di Gorontalo pengguna narkoba tidak terlalu banyak seperi di daerah lain, kedepan penyalahgunaan narkoba dapat di antisipasi.

“Kalau kita tidak antisipasi akan berkembang seperti yang ada di Provinsi lain. Lapas juga tetap dilibatkan karena tempat pembinaan disana juga untuk masalah narkoba ini …”

“Kita harapkan adalah yang ada di lapas ini hanya bandar dan pengedar narkoba,” tandasnya.(dik/habari.id).