Menjaga Indonesia

Bawaslu Trenggalek Sosialisasi Pengawasan Kampanye Pilkada Melalui Media Massa

HABARI.ID, TRENGGALEK I Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi pengawasan kampanye melalui media massa baik cetak, elektronik maupun online pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2020 bertempat di hotel Hayam Wuruk,Trenggalek, Jum’at (06/11/2020).

Dalam giat tersebut hadir pemateri dari Kordiv. Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jatim, Komisioner KPI pusat,Dewan Pers, serta PWI Jatim.

Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Ahmad Rokhani menyampaikan peran media massa dalam pelaksanaan Pilkada sangatlah penting.

“Tentu kita sadari bersama bahwa peran media pengawasan kampanye sangat penting bagi proses Demokrasi dan perkembangan bangsa,” ucap Rokhani.

Dikatakan Rokhani, proses perkembangan bangsa menjadi bangsa yang lebih baik dan maju, tentunya tidak terlepas dari peran media massa baik itu media cetak, elektronik maupun Media online.

“Karena media ini menjadi salah satu ujung tombak atau penyangga dari proses demokrasi agar bisa mempengaruhi wacana di masyarakat dalam menentukan pilihannya nanti,” terangnya.

Rokhani menambahkan,sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik, peran media adalah memberikan informasi-informasi yang sudah terverifikasi kebenarannya.

Dengan begitu, masyarakat juga tidak akan terpengaruh dengan isu-isu yang belum diketahui kebenarannya.

“Dan disinilah, peran media itu dinilai sangat penting. Khususnya penting dalam memberikan peranan dalam proses demokrasi kita,” kata Rokhani.

Oleh sebab itu, lanjut Rokhani, sosialisasi ini dilakukan juga dalam rangka menyamakan persepsi terkait regulasi yang mengatur posisi media pada proses demokrasi.

“Untuk itu, kehadiran teman-teman media sangat membantu dan mendukung proses demokrasi menjadi lebih baik …,”

“Selain juga sebagai penyampai informasi masyarakat ditengah masa kampanye terkait penolakan politik uang, dan informasi yang lainnya,” pungkas Ketua KPU Trenggalek, Rokhani.(Sar/habari.id)