Menjaga Indonesia
Daerah

3 Infrastruktur Diresmikan Wali Kota Gorontalo

HABARI.ID I Pembangunan infrastruktur di Kota Gorontalo semakin maju, di bawah kepemimpinan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, dan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono.

Tidak terkecuali infrastruktur di Kelurahan Tuladenggi, Kecamatan Dungingi yang secara langsung diresmikan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Senin (09/11/2020).

Infrastruktur yang diresmikan Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini, diantaranya TPS3R atau (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle), BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dan pembangunan jalan paving blok.

Pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo di Kelurahan Tuladenggi ini, memang sebagian besar fokus pada lingkungan.

Katakanlah seperti TPS3R dan Paving Blok, dimana diharapkan bisa mengatasi persoalan lingkungan di kelurahan tersebut.

Marten jelaskan, kehadiran TPS3R di Kecamatan Dungingi, tidak hanya menambah jumlah TPS3R di Kota Gorontalo.

Akan tetapi menjadi solusi dan upaya Pemerintah Kota Gorontalo, untuk mengatasi persoalan sampah.

“TPS3R ini sangat penting bagi wilayah dan masyarakat, sebab dengan demikian volume sampah yang setiap harinya berkurang, termasuk volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA …”

“Selain itu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena TPS3R yang dikelolah KSM ‘Smar City’ ini tentu akan memberdayakan masyarakat, untuk mendaur ulang sampah sehigga bisa memberikan nilai ekonomis,” jelas Marten.

Nah, untuk BSPS sendiri tentunya diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Khusus di Kelurahan Tuladenggi ada sebanyak 35 unit rumah layak huni, melalui program BSPS.

“Ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Gorontalo terhadap kesejahteraan masyarakat, yang berpenghasilan rendah. Sehingga kami sangat berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Marten.

Terakhir pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo, yakni pembangunan paving blok. “Ini murni pembangunan yang dilaksanakan oleh swadaya masyarakat …”

“Kami dari Pemerintah Kota Gorontalo hanya sebatas memfasilitasi saja, namun yang melaksakanan warga,” singkatnya.(bnk/habari.id).