Menjaga Indonesia

Wali Kota Resmikan IPA Botu, Masalah Air Bersih Teratasi

HABARI.ID I Wali Kota Gorontalo Marten Taha resmikan beroperasinya IPA (Instalasi Pengelohan Air) Botu. Dengan dioperasikannya IPA yang bangun PDAM Kota Gorontalo di kelurahan Botu ini, juga mengatasi masalah kesulitan air bersih di wilayah Dumbo Raya.

IPA PDAM Botu ini diresmikan pengoperasiannya oleh Wali Kota Gorontalo Marten Taha di dampingi Wakil Wali Kota Ryan F. Kono di moment perayaan HUT ke 292 Kota Gorontalo, Kamis (19/03/2020).

“Ada beberapa bangunan fisik yang kita resmikan bertepatan perayaan HUT Ke 292 Kota Gorontalo tahun ini yang pekerjaannya telah rampung pada akhir 2019 lalu, termasuk IPA Botu yang memiliki daya tampung 50 liter/detik …,”

“Kita berharap, keberadaan fasilitas ini bisa melayani masyarakat khusus di dua kecamatan, Dumbo Raya dan Hulonthalangi. Dua wilayah ini memang sering mengalami kekurangan air bersih,” ujar Marten.

Apa yang dilakukan PDAM Kota Gorontalo ini, juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Gorontalo dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sekaligus mengatasi problem air bersih.

Marten meminta agar masyarakat dapat mendukung program pembangunan yang terus dilakukan Pemkot Gorontalo.

Partisipasi dan dukungan masyarakat sangat penting, sebab dapat memudahkan dalam menjalankan fungsi pemerintah sebagai pelayan masyarakat.

“Air merupakan kebutuhan utama manusia, yang wajib dipenuhi. Oleh karena itu, dukungan masyarakat sangat kita butuhkan, apalagi dalam upaya mengatasi problem air bersih.

Tanpa ada dukungan dan partispasi warga pemerintah tidak dapat berbuat apa-apa, terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih,” terang Wali Kota.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise menjelaskan, bahwa kedepan IPA Botu ini akan terus dilakukan pengembangan demi memenuhi air bersih. Pengembangan dan peningkatan fungsi IPA ini sudah terprogram dalam rencana kerja PDAM Kota Gorontalo.

“Kedepan, sarana ini akan kami tingkatkan menjadi 150 hingga 200 liter/detik untuk mempersempit timbulnya problem air bersih. Dengan demikian, IPA ini bisa melayani kebutuhan air bersih dengan jangkauan yang lebih luas lagi …,”

“Selain dukungan dari Pemerintah Kota Gorontalo, kami juga membutuhkan dukungan dari masyarakat, agar program kerja yang telah kami rencanakan untuk memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat, bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Isman.(4bink/habari.id)