Menjaga Indonesia

Wagub Tandai Dimulainya Sensus Penduduk 2020 di Gorontalo

HABARI.ID I Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Dan Sensus Penduduk di Gorontalo, ditandai dengan pengambilan data sensus online oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Sabtu (15/2/2020).

“Sensus Penduduk yang dimulai hari ini kita awali dari kepala daerah. Berhubung bapak Gubernur berada di luar daerah, sehingga yang bisa kami dampingi hari ini adalah bapak Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo …,”

“Demikian juga dengan tim kami yang ada di kabupaten/kota, masing-masing mendampingi bupati dan wali kota,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati.

Untuk pelaksanaan Sensus Penduduk secara online dapat diakses melalui situs sensus.bps.go.id. Adapun dokumen kependudukan yang perlu dipersiapkan yaitu e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah serta Akta Cerai.

“Selanjutnya nanti bisa mengisi pertanyaan yang ada di dalam sistem sebanyak 22 pertanyaan,” jelas Herum.

Keberhasilan dari Sensus Penduduk secara online yang akan berlangsung dari tanggal 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 sangat tergantung pada peran aktif masyarakat untuk melakukan sensus secara mandiri.

Herum optimis pelaksanaan Sensus Penduduk di Provinsi Gorontalo bisa berjalan lancar dan sukses.

“Sensus secara online bisa di mana dan kapan saja karena bisa dilakukan sendiri sepanjang bisa mengakses internet. Saya optimis sensus online ini bisa berjalan lancar karena antusias masyarakat yang positif,” tambah Herum.

Usai mengisi kuisioner Sensus Penduduk online, Wakil Gubernur Idris Rahim mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk segera mencatatkan informasi diri dan keluarga melalui Sensus Penduduk secara online sebelum batas akhir pada tanggal 31 Maret 2020.

Bagi masyarakat yang tidak dapat melakukan sensus secara online, Wakil Gubernur Idris Rahim juga mengimbau untuk dapat berpartisipasi melalui Sensus Penduduk wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

“Pastikan anda tercatat pada Sensus Penduduk 2020. Mari bersama mencatat Indonesia,” pesan dia.(fp/habari.id)