Menjaga Indonesia

Wagub: LSM Harus Beri Masukan Konstruktif

HABARI.ID I Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang merupakan bagian dari komponen masyarakat, memiliki peran strategis dalam menyukseskan program pembangunan. Salah satunya turut mengawasi, serta memberi masukan konstruktif terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Wakil Gubernur Gorontalo, Dr.Idris Rahim, mengatakan dalam tatanan Negara maupun daerah,  ada tiga komponen penting yang harus berfungsi. Pertama, pemerintah yang merancang dan melaksanakan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Kedua, akademisi yang berfungsi memberi masukan dan saran sesuai keahlian yang dimiliki.

“Ketiga adalah masyarakat, yang diwakili di antaranya LSM. Ketiga komponen ini harus bersinergi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Idris Rahim saat melantik kepengurusan LSM Gerhana periode 2020-2025 di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Rabu (11/3/2020).

Menurut Idris Rahim, sebagai bagian dari komponen masyarakat, LSM diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan. Yakni dengan mengawasi jalannya pemerintahan, serta pembangunan, sehingga menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

“Pemerintah memang memiliki aparat pengawasan. Mulai dari Inspektur Jendral, inspektur provinsi maupun kabupaten/kota, hingga pengawas proyek. Tetapi aparatur yang ada memiliki keterbatasan. Oleh karena itu perlu pula peran kontrol, yang salah satunya dilaksanakan oleh LSM,” kata Idris Rahim.

Untuk itu, Idris Rahim, berharap keberadaan LSM Gerhana bisa menjadi mitra pemerintah dalam menyukseksan pembangunan. Termasuk menjalin sinergi bersama LSM lainnya dalam membawa aspirasi masyarakat.

“Setelah pelantikan ini, segera lakukan konsolidasi. Bawa program-program yang konstruktif kepada pemerintah daerah. Tak kalah pentingnya LSM Gerhana mampu menampung aspirasi masyarakat dan kemudian disampaikan kepada pemerintah,” tutur Idris Rahim.

Sebelumnya, Ketua Umum LSM Gerhana Provinsi Gorontalo, Djaber Tangoi, mengatakan dirinya berkomitmen membawa organisasi tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.  Yaitu lembaga  yang turut berkontribusi terhadap pembangunan daerah Gorontalo.

“LSM Gerhana akan senantiasa menyuarakan aspirasi rakyat dalam rangka mendorong kesejahteraan rakyat Gorontalo,” kata Djabir Tangoi.

Pelantikan pengurus LSM Gerhana turut dihadiri BNN Kota Gorontalo, Badan Kesbangpol Kota Gorontalo, serta para tokoh masyarakat.(fp/habari.id)