Menjaga Indonesia

Touring JWS 2020: Membelah Sulawesi, Menjamah Puluhan Destinasi

HABARI.ID I Touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS)2020, dimulai!. Konvoi 100 mobil yang dipimpin langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun siap berpetualang “membelah” 4 wilayah provinsi di daratan Sulawesi dan menyinggahi puluhan destinasi.

Touring JWS 2020 yang dilepas Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Ari Juliano Gema ini, menjadi agenda pertama usai peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2020 yang digelar Jum’at (21/02/2020) malam di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Penjelajahan selama 8 hari hingga 29 Februari ini, akan melintasi beberapa kota di provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan berakhir di Sulawesi Utara.

Para offroader dari Komunitas JKMPC dan IOF Gorontalo turut ambil bagian pada agenda petualangan ini.

“2 wilayah; Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, masih menjadi utang kita. Akan kita bayarkan pada agenda berikutnya. Agenda ini bukan main-main …,”

“Ini penting untuk mempromosikan pariwisata kita, pariwisata yang ada di Sulawesi,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada pelepasan rombongan JWS 2020, yang dihadiri Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Asisten II Pemprov Sulsel Muhammad Firda, Bupati Gorut Indra Yasin, serta pimpinan OPD Pemprov Gorontalo, Sabtu (22/02/2020) pagi.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat bersama pejabat Kementerian Pariwisata, Pj Wali Kota Makassar, pada acara pelepasan JWS 2020.[foto_gopos.id]
Rusli mengatakan, soal keindahan dan kekayaan wisata Indonesia, terutama di Sulawesi, jarang diperbincangkan. “Ini menjadi market bagi kita untuk menjual pariwisata kita,” kata Rusli.

Seperti dilansir gopos.id,Touring JWS 2020 dibagi dalam 8 etape. Pada etape pertama, rombongan touring akan begerak dari center point Makassar menuju Toraja. Perjalanan akan melintasi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Pare-pare, Enrekang, dan berakhir di Toraja.

Saat melintasi Pare-pare, rombongan akan singgah di kediaman Presiden RI ke-3, BJ Habibie, sekaligus mengabadikan momen di Monumen Cinta Sejati, BJ Habibie-Hasri Ainun.

Di Toraja, rombongan JWS 2020 akan melakukan pertemuan bersama pemerintah daerah Toraja, serta warga Gorontalo rantau.(fp/habari.id)