Menjaga Indonesia

Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 Diluncurkan

HABARI.ID I Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 resmi diluncurkan, Jumat (21/02/2020). Peluncuran yang dipusatkan di Hotel Gammara, Makassar itu, dilakukan Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi, Ari Juliano Gema bersama Asisten I Setda Provinsi Gorontalo, Syukri Botutihe mewakili Gubernur Gorontalo, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Refly Katili.

Rangkaian peluncuran calendar of event Pariwisata Gorontalo 2020, sebagaimana dilansir gopos.id, diawali penampilan tarian tidi lo polopalo. Selain itu ada pula penampilan apik Gorontalo Inovasi Dancer yang menampilkan dari mikraji, serta tari Hulondalo Lipuu.

Peluncuran calendar of event Pariwisata Gorontalo 2020 turut dihadiri wakil bupati Boalemo, Anas Yusuf, Sekda Gorut, Indra Yasin, pimpinan perbankan serta Asita.

penampilan apik Gorontalo Inovasi Dancer yang menampilkan dari mikraji, serta tari Hulondalo Lipuu.

Ikut hadir pula warga rantau Gorontalo yang tergabung dalam KKIG Makassar, serta pimpinan OPD Pemprov Gorontalo dan kabupaten/kota se-provinsi Gorontalo.

Ari Julianto Gema dalam sambutannya menyampaikan, langkah Pemprov Gorontalo me-launching Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 di Makassar merupakan langkah yang tepat.

Hal ini menunjukkan adanya upaya untuk membangun sinergi antar daerah kabupaten/kota, serta Provinsi dalam mengembangkan pariwisatanya masing-masing.

“Kami meyakini, ketika sebuah daerah itu berkembang maka daerah lain akan ikut berkembang pula. Oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap daerah lain juga ikut melakukan sebagaimana yang dilakukan Gorontalo,” ujarnya.

Menurut Ari Juliano, tahun ini Kemenpar Ekraf, menetapkan ada 5 super prioritas destinasi wisata nasional.

Salah satunya adalah Likupang, Sulawesi Utara. Ketika pada 2020 ini, pembangunan infrastuktur rampung, maka destinasi wisata tersebut diharapkan Gorontalo dapat turut memaksimalkan.

penampilan apik Gorontalo Inovasi Dancer yang menampilkan dari mikraji, serta tari Hulondalo Lipuu.

“Yaitu bagaimana mendorong wisatawan yang berkualitas. Artinya membuat wisatawan lebih lama tinggal, sehingga lebih banyak membelanjakan uangnya,” kata Ari Juliano.

Sementara itu Syukri Botutihe mewakili Gubernur Gorontalo menyampaikan, pelaksanaan peluncuran Calendar of Event Pariwisata Gorontalo 2020 dilaksanakan di Makassar, dalam rangka membangun sinergi antar daerah. Khususnya dalam membangun sektor pariwisata.

“Bila kita berjalan sendiri-sendiri maka akan lambat. Oleh karena itu perlu adanya sinergi, yang salah satunya dilaksanakan oleh Provinsi Gorontalo. Ini juga merupakan kesepakatan bersama para kepala daerah se-Sulawesi,” kata Syukri.

penampilan apik Gorontalo Inovasi Dancer yang menampilkan dari mikraji, serta tari Hulondalo Lipuu.

Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili menyampaikan, ada 172 event pariwisata yang akan dilaksanakan di Gorontalo selama 2020. Rinciannya, sebanyak 54 event di bonbol, 45 even di kabupaten gorontalo, 4 iven di kota Gorontalo, 11 iven di Pohuwato, 5 oven di Boalemo, dan 7 iven di Gorut.

“Iven ini meliputi budaya dan kegiatan berkaitan pariwisata,” ukar Rifli. Ia menambahkan, pada tahun ini ada 2 iven di Gorontalo yang masuk 100 iven nasional. Yaitu Festival Karawo, dan Festival Pulo Cinta.(fp/habari.id)