Menjaga Indonesia
Daerah

Teken MoU Dengan BPJS, Nelson Ingatkan IPM Daerah

HABARI.ID I Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding), antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan BPJS Kesehatan Gorontalo Selasa (22/12/2020). Menjadi momen bagi Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, mengingatkan tentang IPM (Indeks Pembangunan Manusia) daerah yang perlu ditingkatkan.

Nelson tegaskan, penandatanganan MoU memang sangat penting dalam rangka menunjang kebutuhan masyarakat pada bidang kesehatan.

Dan penting juga bagi daerah untuk memperhatikan IPM, apalagi IPM Kabupaten Gorontalo masih pada posisi ke tiga.

“Saya bersyukur melalui penandatangana MoU ini, kita bisa memperkuat program jaminan kesehatan masyarakat …”

“Namun patut menjadi catatan, ada beberapa bidang yang harus kita tingkatkan agar IPM ini bisa meningkat …”

“Memang benar, IPM kita dalam posisi baik dan terus mengalami peningkatan. Tapi kita harus ketahui bersama, antar satu bidang dengan lainnya, sangat berkaitan …”

“Seperti pendidikan yang tingkat kelulusan masih 65 persen pada jenjang Sekolah Dasar,” tegas Nelson.

Nelson berharap, melalui kerjasama tesebut bisa meningkatkan produktivitas kinerja Pemerintah Daerah pada bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat.

Apalagi dengan pandemi Covid-19 saat ini kesehatan menjadi perhatian utama, dan sektor kesehatan kedepannya menjadi fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Kami targetkan kepesertaan BPJS Kesehatan Kabupaten Gorontalo bisa meningkat sampai 90 persen. Memang menjadi problem kita, jumlah penduduk yang paling banyak …”

“Sehingga beban kita lebih berat, tetapi kita tidak boleh berkeluh kesah, karena ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat,”tutup Nelson.(Ver/habari.id).