Menjaga Indonesia

Tekan Harga Cabai, Rusli Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan untuk Kebun

HABARI.ID I Bagi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun cabai bisa menekan harga cabai di pasaran. Betapa tidak, kata Rusli, jika sebagian besar masyarakat sudah bisa memiliki cabai dari kebunnya sendiri, maka harga di pasar akan turun.

“Kalau banyak yang bercocok tanam nanti juga harga cabai di pasaran lama-lama turun. Minimal kebutuhan sendiri sudah tersedia dan terpenuhi di halaman rumah,” ujar Rusli saat melakukan panen cabai di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Jumat (27/11/2020).

Gubernur Gorontalo pun mendorong masyarakat agar mandiri pangan mulai dari saat ini.

“Alhamdulillaah saya hari ini dengan Ibu bersama beberapa dinas terutama dinas pertanian untuk melihat panen perdana cabai yang kita kembangkan dari teman-teman pertanian…,”

“Kita uji coba disini dan mudah-mudahan bisa dicontoh oleh masyarakat sekitar yang lahannya tidur,” jelas Rusli.

Selain memberikan dorongan dan contoh kepada masyarakat, Gubernur dua periode itu juga membuat kebijakan bagi para penerima bantuan.

Setiap penerima bantuan pemerintah Provinsi Gorontalo diwajibkan untuk bercocok tanam di pekarangan pribadi.

“Kami wajibkan itu dengan memberikan mereka bibit-bibit tanaman, kalau tidak bertanam, ya terpaksa kita pindah bantuannya ke orang lain,” pungkasnya.

Dalam kegiatan panen cabai tersebut Gubernur Rusli didampingi oleh istri yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah. Terlihat pula beberapa pimpinan OPD Provinsi Gorontalo.(dik/fp/habari.id).