RSUD MM Dunda Sumbang 53 Persen PAD Kabupaten Gorontalo

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan pada kegiatan evaluasi pajak dan retrebusi daerah triwulan II Tahun 2019, Senin (22/07/19) di gedung Kasmat Lahay.

HABARI.ID, LIMBOTO – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) ternyata berkontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Seperti Rumah Sakit MM Dunda Limboto, yang menyumbang 53 persen dari total PAD Kabupaten Gorontalo.

Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, pada evaluasi pajak dan retribusi daerah triwulan II Tahun 2019, Senin (22/07/19) di gedung Kasmat Lahay.

Menurut Nelson, walaupun pendapatan BLUD dikelola secara mandiri, namun untuk pencatatannya tetap direkonsiliasi dengan pemerintah daerah.

Pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), kontribusi pajak dan retribusi pemerintah Kabupaten Gorontalo terhadap total pendapatan asli daerah (PAD), sebesar 27,17 persen.

“Pengelolaan secara mandiri oleh BLUD adalah dalam rangka percepatan dan optimalisasi pelayanan. Olehnya pemerintah daerah telah mendorong pembentukan BLUD,

termasuk RSUD Dunda Limboto, pada tahun 2018 yang lalu. Diharapkan agar lebih profesional lagi dalam pengelolaan keuangan kedepan,” kata Nelson.

Dirinya pun menuturkan, dibutuhkan suatu tatanan sistem yang terintegrasi untuk berbagai jenis layanan maupun perijinan antar pemerintah Kabupaten, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan. Agar dapat menjamin seluruh pelayanan secara akuntabel, cepat dan akurat.

“Dengan bertambahnya sumber perolehan negara dan daerah, tentunya akan semakin berpeluang dalam meningkatkan dana alokasi desa,” kata dia.(FBD/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.