RG: Mari Satukan Hati Bangun Gorontalo

oleh
banner 468x60

JAKARTA, HABARI.ID I Ketua DPW Partai Nasdem Gorontalo, Rachmat Gobel, mengajak masyarakat Gorontalo untuk menyatukan hati demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo. “Kita harus memulai dari hati. Nawaitunya harus sama. Kita berkumpul di sini untuk menyatukan hati kita. Mari bersama saya membangun Gorontalo,” katanya, Rabu, 7 Februari 2024.

Hal itu disampaikan Rachmat Gobel saat berkampanye di Lapangan Taruna Remaja, Biawao, Kota Selatan, Kota Gorontalo. Dalam kampanye itu hadir para caleg Nasdem untuk DPRD Kota Gorontalo, DPRD Provinsi Gorontalo, dan DPR RI. Hadir pula Gubernur Akademi Bela Negara DPP Partai Nasdem Mayjen TNI Purn IGK Manila. “Kita berkumpul di sini untuk apa? Untuk menyatukan hati kita. Menyatukan hati untuk apa? Untuk melakukan perubahan. Kenapa? Kita ingin anak-cucu kita ke depan mendapatkan haknya,” katanya.

banner 468x60

Gobel mengatakan, generasi mendatang berhak mendapatkan warisan terbaik dari generasi sebelumnya. Namun kenyataannya, katanya, sejak Provinsi Gorontalo dibentuk pada 2000 hingga saat ini tetap menjadi provinsi termiskin kelima di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa generasi pendahulunya tak mampu mewariskan hal yang menjadi hak generasi berikutnya. “Ini akibat ada yang salah dalam pengelolaan anggaran pemerintah provinsi. Tidak ada pemihakan pada petani, nelayan, UMKM, dan pendidikan,” katanya.

Dalam mengatasi kemiskinan, kata Gobel, pembagian bansos, sembako, maupun bantuan langsung tunai bukanlah solusi. “Itu hanya bersifat sementara dan untuk situasi darurat saja. Yang dibutuhkan masyarakat adalah lapangan kerja dan peluang berusaha untuk meningkatkan pendapatannya. Memberikan kail, bukan memberikan umpan,” katanya.

Untuk itu, Gobel mengatakan, ia akan melakukan investasi Rp 1,4 triliun yang kemudian diikuti investasi susulan yang mencapai Rp 5 triliun hingga Rp 10 triliun. Inilah yang ia sebut sebagai Visi 2051, yaitu pembangunan pelabuhan internasional Anggrek dan Kawasan Ekonomi Khusus Pangan di Kabupaten Gorontalo Utara. “Dalam periode tersebut akan lahir sekitar 100 ribu lapangan kerja baru untuk anak-anak muda Gorontalo, dari hulu hingga hilir dan di berbagai sektor,” katanya.

Visi yang dikemukakan Gobel ini disebutnya sebagai bentuk komitmen dirinya untuk membangun Gorontalo. Hal itu, katanya, merupakan amanah dari ayahnya sebelum meninggal. “Kuburkan saya di Gorontalo dan carilah untung di Jakarta lalu gunakan untuk membangun Gorontalo. Jangan cari untung di Gorontalo lalu dibawa ke Jakarta. Itulah wasiat ayah saya. Saya sudah tidak bisa lagi memberikan yang lain untuk membahagiakan orangtua karena keduanya telah meninggal. Maka melaksanakan wasiat beliau merupakan bentuk bakti saya kepada orangtua saya,” katanya.

Selain itu, kata Gobel, visi tersebut juga merupakan perwujudan dari perintah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. “Setelah saya terpilih menjadi anggota DPR pada 2019 dengan suara terbanyak, ketua umum kami menyampaikan bahwa kepercayaan dari rakyat Gorontalo itu sebagai suatu kehormatan yang harus dibalas dengan kehormatan pula. Bangunlah Gorontalo. Itu perintah Pak Surya Paloh pada saya,” katanya. Perintah itu muncul, katanya, karena Gorontalo merupakan salah satu provinsi termiskin di Indonesia.

banner 468x60

Karena itu, Gobel mengajak kepada masyarakat Gorontalo untuk menyatukan hati untuk bersama-sama membangun Gorontalo. “Gorontalo itu provinsi yang kaya. Tanahnya subur dan lautnya kaya ikan. Tuhan telah menganugerahkan keberlimpahan pada tanah Gorontalo. Mari jangan sia-siakan. Maka nikmat mana lagi yang hendak kau dustakan,” katanya mengutip QS Ar Rohman.(*)

Baca berita kami lainnya di