Menjaga Indonesia

Rencana Buka Sekolah Bakal Ditunda, 16 Guru Positif Covid-19

HABARI.ID I 16 orang guru dari empat kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, terkonfirmasi positif covid-19. Belum diketahui penyebab para guru ini sampai terpapar, namun ini bisa mempengaruhi rencana dibukanya kembali sekolah di 2021.

Mereka yang terkonfirmasi positif covid-19 itu seluruhnya berstatus ASN. Dengan rincian, 9 orang dari Kabupaten Bone Bolango, 5 dari Kota Gorontalo, 1 dari Kabupaten Gorontalo dan 1 lagi dari Pohuwato.

“Kami menerima yang terkonfirmasi positif ada 16 orang. Pak Gubernur malam ini juga langsung memerintahkan kami tim satgas segera melakukan karantina terpusat di hotel LG untuk ke 16 pasien tadi,”ungkap Kepala BPBD Provinsi Gorontalo Sumarwoto, Sabtu malam (28/11/2020).

Untuk menghentikan penularan, selain melakukan tracking kepada mereka yang kontak erat dengan ke 16 pasien covid-19 itu, pihak Satgas juga tidak mengizinkan pasien untuk karantina mandiri di rumah, dan wajib menjalani karantina terpusat di hotel LG.

“Pak Gubernur juga berpesan kepada kami satgas covid-19 untuk tetap bekerja keras, terus waspada, jangan lengah dalam menangani virus corona ini,” imbuhnya.

Sementara itu, dengan penambahan 16 orang, maka total kasus covid-19 di Provinsi Gorontalo ada 3091 kasus, dengan rincian 36 masih dirawat atau karantina, 90 meninggal dunia dan 2965 sembuh.(rls).