Rekonstruksi eks Jalan Andalas Demi Kebutuhan Rakyat

oleh
rekonstruksi
Ketua DPRD Kota Gorontalo, Hardi Sidiki, Wali Kota Gorontalo Marten Taha dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

HABARI.ID, DEKOT I Ketua DPRD Kota Gorontalo, Hardi Sidiki katakan bahwa rekonstruksi Jalan Jhon Aryo Katili atau eks Jalan Andalas, bagian dari memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini Ia sampaikan disela kegiatan seremonial rekonstruksi Jalan Jhon Aryo Katili, yang berpusat di Simpang Lima perbatasan antara Kota Gorontalo dengan Kabupaten Gorontalo Sabtu (16/04/2022).

“Rekonstruksi Jalan Jhon Aryo Katili adalah bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk masyarakat Kota Gorontalo. Dan ini tentunya patut kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo ..,”

“Jalan Jhon Aryo Katili sebagai pintu masuk menuju Ibu Kota Provinsi Gorontalo, menjadi akses utama yang siap diubah Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Gorontalo DR. H. Marten Taha SE, M.Ec Dev jelaskan, Kota Gorontalo sebagai kota perdagangan dan jasa, yang akan menjadi penyumbang terbesar untuk peningkatan PDRB Kota Gorontalo.

Maka salah satu ruang utama untuk perubahan wajah Kota Gorontalo diberikan Pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui dana pinjaman daerah untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) Daerah Provinsi Gorontalo, adalah rekonstruksi jalan Prof. DR. John Ario Katili, sepanjang kurang lebih 2,8 kilo meter.

“Pekerjaan rekonstruksi jalan ini meliputi perbaikan seluruh struktur perkerasan, drainase, bahu jalan yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan ini ..,”

“Dimana terpantau sudah terdapat puluhan lubang diruas jalan tersebut, serta beberapa genangan air disaat turun hujan dengan intensitas ringan sampai dengan sedang ..,”

“Nilai investasi untuk jalan ini sebesar Rp 40.000.000.000,-dengan pemenang merupakan kontraktor lokal di Provinsi Gorontalo yaitu PT. Alliessan yang berkantor di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Biawao Kota Gorontalo ..,”

“Saran kami kepada kontraktor, agar selalu senantiasa memperhatikan kemajuan pekerjaan karena pelaksanaan kegiatan ini akan memakan waktu yang panjang ..,”

“Sehingga perlu dilakukan rekayasa lalulintas, agar tidak terjadi kemacetan yang akan menghambat ekonomi masyarakat. Terutama yang berada di lokasi pekerjaan ..,”

“Kami juga mengharapkan Pemerintah Provinsi Gorontalo juga dapat memperhatikan gerbang pintu masuk Kota Gorontalo, yang merupakan kawasan startegis provinsi ..,”

“Dimana pada tahun 2015 telah memiliki ded yang disusun oleh satuan kerja penataan bangunan dan lingkungan Provinsi Gorontalo ..,”

“Konsep dari penataan simpang lima seperti city walk, yang memiliki pedesterian jembatan, pelebaran jalan untuk mengakomodir lajur khusus sepeda, dengan ditunjang beberapa prasarana sarana utilitas (PSU) yang mendukung perkonomian masyarakat Kota Gorontalo ..,”

“Untuk kegiatan penataan kawasan simpang lima sudah diajukan ke Kementerian PUPR, melalui balai prasarana permukiman wilayah (BPPW) pada tahun 2020-2021 .., ”

“Namun terkena refocusing sehingga batal dilaksanakan. Sehingga tahun ini sudah diusulkan kembali melalui rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan daerah (rakortekbang), ke Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk dilaksanakan tahun 2023 ..,”

“Pemerintah Kota Gorontalo akan berkomitmen, untuk melakukan pembebasan lahan dan melakukan reviu atas DED penataan simpang lima,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.