Rawan Tumbang, Thariq Minta DLH Seriusi Pohon Tua Pinggiran Jalan

Rawan Tumbang
Wakil Bupati Gorontalo, Thariq Modanggu

HABARI.ID I Setelah sebelumnya sebuah pohon tumbang menimpah sebuah pagar sekolah menengah pertama di Gorontalo Utara, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu meminta Dinas Lingkungan Hidup Gorontalo Utara untuk menyeriusi pemeliharaan pohon tua rawan tumbang yang berada di sepanjang pinggiran jalan.

“Jika tidak kita tindak lanjuti, saya khawatir pohon-pohon itu bisa tumbang dan menimpah jaringan listrik, bahkan lebih parah menimpah warga,” ungkapnya belum lama ini.

Kebanyak pohon trambesi yang sudah mulai menua itu berada di kawasan umum, hampir di sepanjang jalan. Trambesi ini juga menjadi peneduh di sepanjang jalan komplek Kantor Bupati di tanami tanaman berjenis pohon Trambesi itu.

Pohon Trambesi atau pohon penghijau ini merupakan pohon yang awalnya hidup di Amerika, hingga akhirnya mulai menyebar hingga ke daerah tropis. Pohon ini bisa tumbuh lebih dari 30 meter. Trambesi menjadi alternatif penyejuk di suatu lokasi dengan suhu tinggi. Sebab pohon ini sangat tinggi menyerap C02. Meski demikian, pohon ini rentan tumbang akibat pertumbuhan pohon yang memiliki dedaunan yang lebat. Tanah yang tidak cocok sangat mempengaruhi kokohnya akan dari tanaman tersebut.

Untuk itu, Thariq meminta DLH Gorontalo Utara untuk mengambil langkah sigap dan antisipasi terhadap pohon rawan tumbang sebelum membahayakan masyarakat.

“Jika memang sudah tua, pohon itu harus segera ada langkah penebangan, dan ganti dengan pohon yang baru,” ungkapnya. (Wi/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.