Raih Penghargaan Dari Mendes PDTT RI, SDGs Desa di Gorut 80 Persen

oleh
sdgs
Foto istimewa.
banner 468x60

HABARI.ID I SDGs (Sustainable Development Goals disingkat SDGs) Desa yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, sudah mencapai 80 persen. Hal tersebut diakui Mendes PDTT (Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) RI, Abdul Halim Iskandar.

Dengan capaian SDGs Desa 80 persen tersebut, salah satu desa di Kabupaten Gorontalo Utara yakni Desa Lelato, mendapatkan penghargaan dari Mendes PDTT RI Sabtu (12/06/2021).

banner 468x60

Bahkan kata Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, prestasi yang diraih Desa Lelato adalah penghargaan utama dan secara langsung Ia serahkan kepada aparat desa dan kecamatan.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan ..,”

“Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian. Dan itu telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Meski demikian, Panglima ASN Kabupaten Gorontalo Utara ini akui masih banyak yang harus dibenahi dalam pelaksanaan program tersebut.

Sebab masih saja ditemukan adanya permasalahan pada beberapa bidang, misal kesehatan yang angka stuntingnya masih cukup siginifikan pada tahun 2020.

banner 468x60

“Semua desa harus bersinergi dan berkolaborasi dalam menyukseskan program-program pemerintahan, termasuk SDGs Desa. Jika ada satu desa yang sukses pada bidang kesehatan, maka desa lain harus berani belajar dari desa tersebut ..,”

“Misal angka stuntung di salah satu desa di Kecamatan Sumalata masih cukup tinggi, maka harus belajar pada wilayah yang sukses menurunkan angka stunting. Ini tanggungjawab kita bersama, maka harus bersinergi,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan