Puncak Peringatan Hari Karawo Meriah, Pengrajin Diminta Terus Semangat Lestarikan Karawo

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, PEMPROV | Malam puncak peringatan Hari Karawo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (23/1/2024), berlangsung meriah. Kegiatan yang mengangkat tema “Residen Gubernur Berkarawo” itu diawali dengan tarian Karawo dari Sanggar Hulonthalangi.

Kemeriahan semakin bertambah dengan penampilan parade busana karawo. Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Fima Agustina, menjadi penampil pertama dalam parade karawo. Selanjutnya diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan instansi vertikal dan organisasi perangkat daerah, serta unsur perbankan.

banner 468x60

Parade busana karawo juga diikuti oleh pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, influencer, notaris PPAT Gorontalo, para perancang busana, serta komunitas perajin karawo. Tim Dekranasda Provinsi Gorontalo yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Fima Agustina, menutup rangkaian parade busana.

“Momentum peringatan Hari Karawo dan seterusnya mari kita gunakan untuk membangkitkan semangat perajin. Tidak ada yang bisa membangkitkan semangat itu kecuali kita semua masyarakat Gorontalo. Terima kasih kepada para perajin yang tetap setia melestarikan kerajinan karawo sampai saat ini dan hari-hari mendatang,” kata Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, dalam sambutannya pada kegiatan itu.

Pada kesempatan itu Penjagub Gorontalo menyerahkan penghargaan kepada para bupati dan wali kota yang telah mendorong pengembangan karawo di daerahnya masing-masing. Penghargaan juga diberikan kepada Hasana M. Duka, yang telah 56 tahun menjadi perajin karawo. Selain itu Ketua Dekranasda Gorontalo juga menyerahkan bantuan karawo kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) pewastra disabilitas dan bantuan ruang produksi, bahan dan peralatan, serta pemasangan listrik bagi enam IKM.

Sebelumnya juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka Hari Karawo tahun 2024. Terdiri dari lomba membuat syal karawo terunik, lomba video milenial dengan tema bangga berkarawo, serta lomba foto famili karawo dan balita berkarawo. (edm/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di