Prosesi Adat Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi di Motolohu

oleh

HABARI.ID – Sebagai perwakilan Kabupaten Pohuwato dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Gorontalo, saat ini Desa Motolohu, Kecamatan Randangan sedang dinilai oleh tim penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Gorontalo. Proses penilaian lomba desa itu diawali dengan penerimaan secara adat Gorontalo dari jalan masuk menuju tempat pelaksanaan kegiatan oleh pemangku adat terhadap Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Ketua TP.PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Tim Penilai, Zukri Surotinojo,

Penilaian lomba desa itu dibuka Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan diikuti Dandim 1313 Pohuwato, perwakilan Polres Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, pimpinan OPD, camat, dan para kepala desa, di aula kantor Desa Motolohu, Kamis, (20/06/2024).

banner 468x60

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan, pelaksanaan lomba desa adalah sebuah upaya untuk memfasilitasi desa berprestasi dengan mendorong kinerja atas kewenangan yang diberikan dalam pengaturan dan menjalankan pemerintahan desa, di mana tahun ini mengangkat tema “mewujudkan masyarakat sehat, maju dan sejahtera melalui belanja desa yang berkualitas”.

Desa Motolohu, Kecamatan Randangan adalah bentuk representase 101 desa di Kabupaten Pohuwato, sehingga mewakili Kabupaten Pohuwato dalam lomba desa tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2024 dan insyaallah diberikan kepercayaan mewakili Provinsi Gorontalo dalam lomba desa tingkat regional.

Selanjutnya, di tengah kemajuan teknologi informasi, Desa Motolohu masih tetap menjaga dan melestarikan kearifan lokal dari keberagaman karakteristik dan adat budaya di dalam kehidupan masyarakatnya. Juga di tengah tantangan tuntutan pelayanan masyarakat, Desa Motolohu berhasil dalam meningkatkan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan, sehingga meraih predikat desa mandiri sebagaimana ditetapkan melalui keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor: 175 tahun 2023 tentang pemberian penghargaan desa dengan status mandiri tahun 2023.

“Keberhasilan Desa Motolohu di bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan telah menunjukan tingkat keberhasilan dan ditetapkan sebagai desa cepat berkembang berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.3.1.9-0513 tahun 2024 tentang penetapan kategori hasil evaluasi tingkat perkembangan desa kelurahan tahun 2024”,jelas bupati.

Terakhir, Bupati Saipul Mbuinga, memberikan apresiasi kepada Camat Randangan dan Kades Motolohu atas kesiapannya dalam penyelenggaran lomba desa tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2024. Hal ini tentu akan semakin memacu desa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki serta dapat diperoleh masukkan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang.

banner 468x60

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kades Motolohu, Ulha Usulu, dan dialog oleh tim penilaian lomba desa tingkat provinsi.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60