Menjaga Indonesia

PIP, ‘Jaminan’ Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu

Bupati Tulungagung Hadiri Sosialisasi Pencairan beasiswa Program Indonesia Pintar tahun 2020

HABARI.ID, TULUNGAGUNG I Program Indonesia Pintar (PIP), dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal.

PIP merupakan program bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik.

Dana beasiswa Program Indonesia Pintar yang di bawa oleh anggota DPR RI Komisi X Dapil VI Fraksi PDI Perjuangan Guruh Sukarno Putra di Kabupaten Tulungagung diberikan guna membantu kelancaran belajar anak-anak sekolah.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo berharap dengan adanya beasiswa PIP semoga bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan semangat belajar bagi anak-anak generasi penerus Bangsa, dapat terbantu khususnya mulai bisa untuk beli buku, alat tulis dan sebagainya untuk pembelajaran.

“Dengan adanya Pemerintah Pusat menggulirkan PIP tentunya sudah tidak ada alasan lagi untuk mengeluh tidak bisa sekolah gara-gara tidak punya biaya,” ujarnya saat menghadiri sosialisasi Pencairan Beasiswa PIP tahun 2020 komisi X Dapil VI Fraksi PDI Perjuangan di aula Kelurahan Kutoanyar, Rabu (30/09/2020).

Di tengah pandemi COVID-19, lanjut Bupati Tulungagung, banyak masyarakat yang mengalami penurunan di sektor ekonomi.

“Secara teknis ada 2000 sekian (lebih). Jadi ini merupakan betul-betul bagian yang bisa membantu kelancaran pembelajaran di Kabupaten Tulungagung kepada anak-anak kita,” tandasnya.

Turut hadir pula di acara sosialisasi tersebut, Haryo Dewanto Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kabupaten Tulungagung dan pihak terkait lainnya.(fal/habari.id)