Menjaga Indonesia

Pegawai Pemprov Gorontalo Jalani Swab Test

HABARI.ID I Pegawai di lingkungan Pemprov Gorontalo khususnya Sekretariat Kantor Gubernur Gorontalo, menjalani swab test Rabu (30/9/2020).

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole jelaskan, swab test dilakuan karena penyebaran Covid-19 di perkantoran kian bertambah.

“Swab test ini adalah program Pemerintah Provinsi Gorontalo, karena pertumbuhan pasien Covid-19 di Provinsi Gorontalo terus meningkat …”

“Tujuannya adalah ingin mengetahui apakah pegawai di lingkup Pemprov Gorontalo ini, dalam keadaan terpapar atau tidak. Intinya, untuk memutus mata rantai penularan,” ujar Misranda.

Dengan banyaknya cluster perkantoran yang terpapar karena Covid-19, Misranda Nalole berharap dengan swab test yang dilakukan secara masif ini akan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Jadi ini Pemrov Gorontalo mengambil langkah yang diawali dari sepekan yang lalu di kantor BKD Provinsi Gorontalo, kemudain Dinas Kesehatan dan di dua hari ini memang beberapa OPD dan hari ini di kantor Gubernur,” ungkap Misranda.

Dia menjelaskan bahwa sejauh ini data pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang terpapar Covid-19 sebanyak 30 orang dari 200 pegawai. Inspektorat 40 dan Kesbangpol 21 yang terpapar.

“Jadi melihat bertambahnya yang positif Covid-19, sehingga kami diperintahkan untuk secara masif melakukan swab test. Sepekan kedepan akan terjadwalkan ke seluruh OPD di Provinsi Gorontalo akan di swab test,” jelas Misranda.

Sepekan kedepan seluruh OPD akan menlajani swab test, namun masih menunggu administrasi dari kepala-kepala OPD. Memang sudah ada bebepara OPD yang dijadwalkan sampai dengan hari sabtu, dan sudah ada jadwal yang disusun.

“Melihat kondisi yang terpapar di Dinas Kesehatan, kami melakukan WFH selama sepekan. Karena ini permintaan kami pun turun dan bekerjasama dengan kabupaten dan kota,” ucapnya.(sodik/habari.id).