Pindah Tugas, Pemkab Gorontalo Utara Lepas Letkol Kav Embi Triono Secara Adat

oleh
Secara Adat
Thariq Modanggu saat menyerahkan cindra mata kepada Letkol Kav Embi Triono

HABARI.ID I Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melepas mantan Dandim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Kav. Embi Triono secara adat. Pelepasan ini yang digelar di rumah dinas bupati Gorontalo Utara ini pula menjadi momen penyematan gelar adat bagi sosok yang telah memimpin Kodim 1314 Gorontalo Utara selama lebih dari setahun itu, Kamis (07/07/2022).

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengungkapkan rasa terima kasih kepada Letkol Kav. Embi Triono atas seluruh bantuan dan kerja sama. Di mata Thariq, selama menjabat, mantan Dandim yang kini akan bertugas di Kodam XIII/Merdeka itu selalu bersinergi dan mendukung berbagai program pemerintah, terlebih saat menghadapi pandemi Covid-19.

banner 468x60

“Selama bertugas, Letkol Kav. Embi Triono selalu mendukung dan memperioritaskan berbagai program untuk menekan penyebaran virus Covid-19, serta berbagai agenda Forkopimda lainnya,” jelasnya.

Letkol Kav. Embi Triono dikenal ramah dan tegas saat memimpin, sifatnya yang penuh rasa kekeluargaan membuat Dewan Adat Gorontalo Utara menyematkannya sebuah gelar adat Mo’awota. Gelar ini memiliki makna filosofi berkarakter berbudaya, tegas, lugas dekat dikenal serta mengenal dan dicintai rakyat Gorontalo Utara.

Di kesempatan itu pula, Embi mengucapkan terima kasih atas semua apresiasi dan gelar adat yang telah disematkan kepadanya. Menurutnya sejak awal bertugas di Gorontalo Utara, nuansa adat begitu terasa di tanah Serambi Madinah. Hal itu memberikan kesan tersendiri bagi sosok yang juga pernah bertugas di Provinsi Aceh tersebut.

“Selama bertugas, hanya dua tempat bagi saya yang memiliki nuansa adat yang kuat, yang pertama di Aceh dan ke dua Gorontalo, keadatan ini juga menjadi sesuatu yang menambah komitmen saya untuk bertugas dengan baik, saya ucapkan banyak terima kasih,” ungkap Embi.

Ketika awal menjabat, Embi diperhadapkan dengan situasi yang kurang kondusif secara nasional. Sebab pada saat dirinya diangkat sebagai Komandan Kodim 1314 Indonesia sedang diterpa pandemi Covid-19. Kondisi itu jelas menjadi tantangan tersendiri baginya.

banner 468x60

“Saya mendapatkan kesempatan untuk memimpin Kodim Gorontalo Utara di tengah pandemi, ini jelas menjadi tantangan bagi saya, tapi tantangan ini menjadi kesempatan bagi saya untuk bekerja secara maksimal, dan tentu saja menjadi pembelajaran bagi saya untuk mengembangkan kapasistas saya..,”

“Semua itu juga tak lepas dari dukungan Forkopimda Gorontalo Utara yang selalu bersinergi demi memberikan yang terbaik bagi Gorontalo Utara,” ungkap Embi. (Wi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Tinggalkan Balasan