Menjaga Indonesia

PHBS 5 SMA Dilakukan Pembinaan Oleh Dikes Provinsi Gorontalo

HABARI.ID I Lima SMA di Kabupaten Gorontalo, mendapat pembinaan langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pembinaan dilakukan, untuk meningkatkan kualitas kesehatan disekolah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk, KB dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Rosina Kiu mengatakan, PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan, karena kesadaran pribadi.

Sehingga kata dia, keluarga dan seluruh anggotanya, mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi,” kata dr. Rosina.

Saat melakukan pembinaan di lima sekolah tersebut, dr. Rosina menjelaskan tentang tujuan kegiatan ini demi peningkatan kualitas kesehatan di sekolah, melalui proses penyadaran.

“Itu diawali dari kontribusi individu–individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari–hari yang bersih dan sehat,” ungkap dr. Rosina.

Rosina juga menambahkan, manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya siswa dan lingkungan sekolah yang sadar kesehatan, dan memiliki bekal pengetahuan sehat kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Adapun lima sekolah tersebut yakni, SMA 1 Dungaliyo, SMA 2 Limboto, SMA 1 Limboto, SMA 1 Tibawa, dan SMA 1 Telaga.(rls).