Menjaga Indonesia

Petani Diminta Tetap Produktif Ditengah Pandemi Covid-19

HABARI.ID I Petani harus tetap produktif ditengah pandemi Covid-19. Demikian penyampaian Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie ketika memberikan sambutan pada pencanangan percepatan tanam di Desa Molamahu, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Rabu (18/11/2020).

“Para petani harus tetap produktif selama musim tanam kali ini. Dan saya harap pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para petani…,”

“Kita siapkan bajak lahan gratis, kita subsidi. Kita siapkan bahan bakarnya, operatornya juga akan ditanggung pemprov Gorontalo. Silahkan semua bertanam, tapi ingat tetap jalankan protokol kesehatan,” tegas Rusli Habibie.

Pada kegiatan itu pula, Gubernur Rusli Habibie menyerahkan secara simbolis bantuan benih jagung hibrida kepada sembilan kelompok tani di Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

“Yang kami berikan kepada rakyat ini adalah betul-betul uang rakyat. Bukan uang Gubernur. Selama memimpin harus berpihak kepada rakyat, melayani rakyat, bukan dilayani rakyat,” tutur Rusli.

Bantuan untuk sembilan kelompok tani dibagi di delapan desa. Dengan luas lahan tanam 310 hektar dan 4650 kilogram benih jagung.

Selain bantuan benih jagung, Gubernur Rusli juga menyerahkan satu unit pengering kopra senilai Rp.132 juta. Adapula bantuan bajak gratis untuk satu hektar lahan.

Secara keseluruhan, bantuan benih jagung di kabupaten Gorontalo untuk tahun 2020 mencapai 586.410 kilogram benih dengan lahan tanam seluas 39.094 hektar.(fp/habari.id).