Menjaga Indonesia

Pesan Gubernur ke Bawaslu: Tetap Tegakkan Netralitas ASN

HABARI.ID I Terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo bertemu Gubernur Rusli Habibie, Kamis (13/2/2020).

Ketua Bawaslu Gorontalo Jaharudin Umar mengatakan, pihaknya terus melaporkan kesiapan Pilkada 2020 kepada Gubernur. Sejauh ini, 3 daerah yang akan melaksanakan Pilkada sudah berjalan sesuai proses dan mekanisme yang diatur.

“Koordinasi terus kita lakukan dengan pak Gubernur. Pak Gubernur juga menyampaikan kembali terkait dengan penegakkan netralitas ASN. ASN diharapkan fokus pada tupoksinya, maka itu harus dipilah mana yang kegiatan pemerintah, mana yang politik dan itu harus dihindari,” ujar Jaharudin.

Sementara terkait pembangunan Sekretariat Kantor Bawaslu yang akan dibangun, Gubernur menyarankan agar pihaknya menyampaikan juga kepada Pemerintah Kota Gorontalo untuk melihat Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Pak gubernur menyarankan harus kita lihat dulu, apakah ini boleh dibangunkan kawasan perkantoran atau hanya untuk kawasan pemukiman. Karena memang kantor kami tidak punya gedung sendiri, jadi semoga bisa dipercepat,” kata Jaharudin.

Sebelumnya, lokasi lahan untuk pembangunan kantor Sekertariat Bawaslu yang sedang disiapkan berada di jalan Membramo, Bengawan Solo, Kecamatan Kota utara, Kota Gorontalo.(fp/habari.id)