Menjaga Indonesia
Daerah

Perkuat Sektor Pertanian, Pemkab Tingkatkan Ekonomi Rakyat

HABARI.ID I Pertanian adalah salah satu sektor terbesar di wilayah Kabupaten Gorontalo. Dan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, petani dan daerah, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Gorontalo memperkuat sektor pertanian melalui berbagai program.

Satu diantaranya yakni siap meningkatkan hasil produksi sektor pertanian di tahun ini, dengan cara terus memberikan penguatan kepada petani tentang pengolahan tanah yang baik, pengairan secara teratur.

Dan penggunaan bibit yang unggul, pemupukan secara teratur sampai menyerap ke bagian-bagian akar, pemberantasan hama serta penyakit pada tanaman, dan terakhir pengolahan setelah panen.

“Termasuk memanfaatkan berbagai bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Gorontalo, untuk kesejahteraan dan kelangsungan produktivitas petani,” ujar Sekda Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, Senin (11/01/2021).

Target Pemkab Gorontalo yang fokus pada bidang pertanian ini, bagian dari merealisasikan penekanan Presiden RI Joko Widodo, pada rapat kerja Nasional pembangunan pertanian tahun 2021.

Apalagi Pemerintah Pusat menilai sektor pertanian adalah bidang yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Kita akan lebih proaktif lagi dalam meningkatkan produksi pertanian, karena ini juga telah ditekankan oleh pak Presiden …”

“Sektor pertanian merupakan bidang yang prioritas dalam pembangunan, apalagi saat pandemi,” ujar Hadijah.

Panglima ASN Kabupaten Gorontalo ini tegaskan kepada jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, agar tidak hanya monoton dalam pelaksanaan program pertanian.

“Kreativitas dan inovasi program kegiatan lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, sangat diperlukan juga …”

“Dalam mendorong produktivitas petani. Saya berharap, jangan hanya terfokus pada rutinitas yang sama,” tegas Hadijah.

“Begitu banyak potensi pertanian yang bisa dikembangkan baik itu pangan dan lain-lain yang sesuai dengan wilayahnya, apalahi daerah kita ini sangat luas,” tambah Hadijah.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo jelaskan, selama ini pelaksanaan program pertanian tidak ada masalah dan tidak ada hambatan.

Karena semua program kegiatan yang dijalankan instansinya itu, sudah sesuai dengan RPJMD Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Bahkan instansinya bekerjasama dengan dengan lembaga lain, untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kalau pemanfaatan bantuan baik Pemerintah Pusat, Provinsi dan daerah Kabupaten Gorontalo serta pelaksanaan program kegiatan lainnya, kami tidak ada kendala sama sekali …”

“Kami juga bekerjasama dengan lembaga lain, dan intens memberikan penguatan kepada petani dalam meningkatkan produktivitas mereka,” pungkasnya.(Ver/habari.id).