Menjaga Indonesia

Pentingnya Informasi Statistik Dalam Pelaksanaan Pembangunan

HABARI.ID I Pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, erat kaitannya juga dengan statistik atau data yang akurat.

Inilah salah satu alasan, kenapa Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menggelar Bimtek tentang aplikasi e-Data (elektronik Data) sektoral, Senin (05/04/2021).

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, menuntut Pemerintah Daerah menjadikan digitalisasi data sebagai penunjang kebutuhan.

Menurut Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto, Bimtek yang digelar selama tiga hari sampai Rabu (07/04/2021), sangat penting bagi semua organisasi perangkat daerah.

“Tata kelola dan penyelenggaraan data statistik sangat penting, khususnya dalam perencanaan pelaksanaan pembangunan daerah ..,”

“Mulai dari ketersediaan fasilitas penunjang, SDM (Sumber Daya Manusia), pelayanan, serta kemudahan dalam mengakses data tersebut,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, data statistik pada era otonomi sekarang ini sangat diperlukan dalam perumusan kebijakan, yang nantinya akan diambil oleh Pemerintah Derah.

“Ini kedepannya bisa berdampak pada kebutuhan akan informasi statistik yang akurat, bagi semua kalangan bukan hanya pemerintah ..,”

“Dan pemerintah sendiri, tentu akan melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan melalui data statistik tersebut ..,”

“Untuk itulah diharapkan dengan pelaksanaan Bimtek ini mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas data Daerah Kabupaten Gorontalo ..,”

“Saya berharap, kegiatan ini jangan hanya dijadikan penggugur kewajiban saja. Tetapi Dinas Kominfo harus menjadi ujung tombak dalam penguatan statistik Kabupaten Gorontalo,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan belangsung di Arya Duta Hotel Manado ini, dihadiri Kepala BPS Provinsi Gorontalo Prasaja Arfyanto, Ketua TP PKK Forry Naway, dan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Husain Duhengo.(ver/habari.id).