Menjaga Indonesia

Cegah Covid 19: Pemprov Siapkan Insentif untuk Penjaga Perbatasan

HABARI.ID I Pemprov (Pemerintah Provinsi) Gorontalo akan memberi insentif bagi petugas yang melakukan penjagaan dan pemeriksaan di garda terdepan (perbatasan) dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19. Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Insentif ini memotivasi petugas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur.

“Kita akan berikan petugas lapangan insentif Rp 100 ribu per orang per hari. Pegawai provinsi, kabupaten atau instansi vertikal, dengan nominalnya sama …,”

“Untuk pembayarannya sedang disiapkan,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai meninjau perbatasan darat di Kabupaten Pohuwato, Sabtu (4/4/2020).

Perbatasan akses darat di Gorontalo ada empat titik. Selain di Kecamatan Popayato Barat yang berbatasan dengan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ada juga di Kecamatan Atinggola, Gorontalo Utara yang berbatasan dengan Bolmong Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Di Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara berbatasan dengan Buol, Sulawesi Tengah dan di Kecamatan Taludaa, Bone Bolango yang berbatasan dengan Bolsel, Sulawesi Utara.

“Insentif sebagai apresiasi dari pemerintah untuk petugas di lapangan yang tetap bertugas siang dan malam. Mereka meninggalkan anak dan istri di rumah untuk memastikan Gorontalo bebas dari penyebaran virus corona. Kita hargai tugas mereka,” imbuh gubernur dua periode itu.

Selain petugas di perbatasan darat, kompensasi khusus ini juga diberikan kepada petugas di bandara Djalaluddin dan empat titik pelabuhan laut di Gorontalo. Insentif untuk TNI/Polri juga disiapkan dengan nominal yang berbeda sesuai dengan usulan masing-masing.(rls/fp/habari.id)