Menjaga Indonesia

Pemprov Gorontalo Apel 996 Kendaraan Dinas

HABARI.ID I Selasa (27/10/2020) Pemprov Gorontalo menggelar apel 996 kendaraan dinas, yang dipimpin langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, melalui live zoom di masing-masing kantor OPD.

Kendaraan dinas berjumlah 996 unit tersebut, merupakan akumulasi dari 283 unit kendaraan dinas jenis roda empat dan 713 unit roda dua.

Pandemi Covid-19 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie jelaskan, sangat memberikan dampak terhadap penurunan anggaran di tahun 2021 akan datang. “Tidak terkecuali, pada pengadaan kendaraan dinas baru,” ujar Rusli.

Dia akui memang tidak sedikit OPD di lingkungan Pemprov Gorontalo menggunakan kendaraa yang tidak layak, namun disisi lain anggaran yang dimiliki Pemprov Gorontalo tidak memungkinkan.

Ini tentunya membuat Pemerintah Provinsi Gorontalo sendiri dilematis, sebab dengan kendaraan yang layak akan mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan, masing-masing OPD.

“Jadi saya bilang, coba tolong di apel kendaraan, dilihat mana OPD yang mobilitasnya tinggi tapi kendaraanya sudah tidak cocok, kita ganti dengan yang baru. Karena ini sangat beresiko, kendaraan dan sopir itu beresiko,” ungkap Rusli.

Melalui apel kendaraan milik negara tersebut Gubernur memerintahkan Sekertaris Daerah dan Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo, untuk mengevaluasi masing-masing OPD yang memiliki mobilitas tinggi.

“Jadi pak Sekda, tolong di evaluasi lewat Karo Umum, tolong dilihat mana dinas yang cukup tinggi mobilitasnya dan kenderaanya sudah tidak layak digunakan …”

“Yang kedua tentang kondisi dari pada kenderaan. Ini saya lihat, terutama ban dan mesinnya, serta SDM yaitu sopir …”

“Coba carikan anggaran untuk dibina dan dididik bagaimana cara membawa dan merawat mobil dengan benar,” kata Rusli.(bink/habari.id).